Gubernur Sumbar Sambut Baik Ajakan Mendag Majukan Perdagangan RI

Jihaan Khoirunnissa - detikSumut
Selasa, 09 Agu 2022 12:28 WIB
Pemprov Sumbar
Foto: Pemprov Sumbar
Jakarta -

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi ikut membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-XV bersama Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan. Mahyeldi menyampaikan apresiasi kepada Dewan Pengurus Apeksi yang telah menunjuk Kota Padang sebagai tuan rumah pelaksanaan Rakernas dan Indonesia City Expo Tahun 2022.

Dia berharap kegiatan ini mampu memberikan kontribusi secara optimal bagi pembangunan daerah dan otonomi daerah di Indonesia. Lebih lanjut, Mahyeldi juga menyambut baik ajakan Menteri Perdagangan untuk menjalin sinergi sesama pemerintah daerah dalam memajukan sektor perdagangan RI, serta membidik pasar perdagangan ekspor.

"Saatnya Indonesia tampil lebih baik lagi secara internasional, karena kita memang punya potensi besar, seperti produksi pertanian, Indonesia harus jadi pengendali. Dengan kekuatan bersama kota dan kabupaten, kami yakin Indonesia bisa tampil lebih baik," kata Mahyeldi dalam keterangan tertulis, Selasa (9/8/2022).


Menurutnya, lewat kerja sama maka pemerintah daerah dapat melengkapi kekurangan dan kebutuhan masing-masing. Sekaligus mencari solusi permasalahan yang ada.

Diketahui Rakernas Apeksi ke XV kali ini mengambil tema 'Kota Kita Bangkit yang Maju dan Bersinergi'. Acara di Hotel Truntum, Padang pada Senin (8/8) kemarin dibuka dengan pembukaan gendang oleh Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan, Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi, Ketua Apeksi yang juga Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wali Kota Padang Hendri Septa.

Dalam sambutannya, Zulkifli Hasan (Zulhas) mengajak seluruh wali kota untuk saling bersinergi dan berkolaborasi khususnya di bidang perdagangan.

"Keadaan pangan sangat menentukan stabilitas negeri kita. Wali kota harus memantau terus. Peran wali kota sangat menentukan, khususnya dalam menjaga pertumbuhan ekonomi dan surplus perdagangan," ujarnya.

"Dengan sinergi dan kolaborasi seluruh wali kota, insyaallah Indonesia akan mampu bangkit dan maju sesuai tema kemerdekaan RI tahun ini. Poin penting yang harus dilakukan diantaranya adalah optimalisasi transformasi digital serta peningkatan ekspor. Saatnya go internasional. Kami di kementerian bikin jalan tol nya, daerah serbu pasar internasional," imbuhnya.



Simak Video "Warga soal Beli Migor Curah Pakai PeduliLindungi: Ada-ada Saja! "
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)