ASN Sumbar Diwajibkan Kibarkan Bendera Merah Putih Sebulan Penuh

Yudistira Perdana Imandiar - detikSumut
Minggu, 07 Agu 2022 16:21 WIB
Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi
Foto: Pemprov Sumbar
Jakarta -

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menginstruksikan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan karyawan di lingkup Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk memasang bendera merah putih di tempat tinggalnya selama sebulan penuh. Hal itu dimaksudkan sebagai penghormatan kepada para pejuang bangsa.

Hal itu disampaikan Mahyeldi saat memberikan sambutan dalam kegiatan Subuh Mubarakah pada hari ahad pertama setiap bulan bagi ASN Pemprov Sumbar, sekaligus dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1444 H di Masjid Raya Sumbar.

Mahyeldi mengulas perjuangan mengibarkan bendera merah putih tidak mudah. Banyak tetes darah, keringat, serta perjuangan para tokoh pahlawan demi mempertahankan bendera merah putih untuk berkibar di Tanah Air.


"Di saat inilah kita harus buktikan rasa nasionalisme kita, cinta Tanah Air dan bangsa, dengan berdedikasi tinggi, dengan bekerja secara maksimal untuk melayani bangsa," kata Mahyeldi dikutip dalam keterangan tertulis, Minggu (7/8/2022).

Ia pun menjabarkan bagaimana perjuangan para tokoh pahlawan dalam mempertahankan berkibarnya bendera merah putih. Disebutkan, pada saat itu bagaimana marahnya arek suroboyo karena berkibarnya bendera merah putih biru di Hotel Yamato, mereka merobek bendera Belanda dan kembali menjadi bendera merah putih.

"Semangat proklamasi ini Alhamdulillah dibarengi dengan peringatan tahun baru Hijriyah ke-1444 H, dengan peringatan ini semoga dalam menjalankan tugasnya, ASN dapat meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat," tutur Mahyeldi.

Kegiatan Subuh Mubarakah hari ini diisi tausiyah Buya H. Masoed Abidin, dengan tema 'Mari Tingkatkan Keimanan Serta Perkuat Persaudaraan dan Solidaritas'. Dalam ceramahnya, ia menyampaikan ASN merupakan ujung tombak pelayanan masyarakat dan bangsa Indonesia.

(ncm/ega)