Sumatera Selatan

Ada Pengalihan Arus Tol Palembang-Indralaya, Ini Rutenya

Prima Syahbana - detikSumut
Jumat, 05 Agu 2022 14:04 WIB
Pengalihan arus di ruas Tol Palembang-Indralaya.
Pengalihan arus di ruas Tol Palembang-Indralaya. (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Sejumlah ruas Tol Palembang-Indralaya (Tol Palindra) di Sumatera Selatan, dialihkan sementara mulai hari ini. Pengalihan arus itu disebut untuk mendukung lancarnya proses pengerjaan Jalan Tol Trans Sumatera.

Rute yang dialihkan itu diantaranya, di Ruas Tol KM 17+100 (menuju ke arah Jambi) dan Simpang susun Indralaya yang akan menjadi penghubung ruas Palembang-Indralaya dan Indralaya-Prabumulih (menuju ke ke arah Bengkulu).

Pihak Hutama Karya selaku pengelola tol tersebut mengatakan, bahwa pengalihan jalur di Tol Palindra akan dilakukan dari arah Palembang menuju Indralaya sepanjang 1,8 Km.


"Pengguna jalan yang akan melintas di Tol Palindra nantinya dialihkan mulai dari KM 17+100 melalui jalur yang sudah dipersiapkan hingga KM 18+900," kata Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya, Dwi Aryono Bayuaji, Jumat (5/8/2022).

Menurut dia, perubahan lajur tersebut tidak. akan mengganggu kenyamanan pengendara. Dan juga sesuai arahan dari instansi terkait seperti Dinas Perhubungan dan Kepolisian setempat. "Pengalihan jalur ini juga tidak mengubah waktu tempuh yang ada," terangnya.

Sejumlah persiapan terkait adanya pengalihan atus tersebut juga sudah dipersiapkan seperti rambu-rambu tambahan di sekitar area pengalihan, pagar pengaman menggunakan concreate barrier dan water barrier, lampu penerangan, pemasangan rumble strip.

Selain itu, khusus layanan petugas di nomor telpon 0858-60036003 untuk para pengguna jalan juga telah disiagakan 24 jam. Pengalihan ini akan berlangsung sampai waktu yang belum ditentukan.

"Dengan persiapan ini, kami pastikan pengalihan jalur tidak akan mengganggu lalu lintas yang ada. Sehingga pengguna jalan tidak perlu khawatir namun kami imbau untuk tetap berhati-hati dalam berkendara," jelas Dwi.

Terakhir, para pengguna jalan diimbau untuk mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, salah satunya hanya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) untuk satu kendaraan. Serta memastikan saldo UE cukup sebelum memasuki gerbang tol.



Simak Video "Wujud Nyata Pembangunan Masa Depan, Jalan Tol Trans Sumatera"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)