Gubsu Edy Rencana Beri Mobil Dinas untuk Kepala Sekolah di Sumut

Nizar Aldi - detikSumut
Selasa, 05 Jul 2022 19:00 WIB
Edy Rahmayadi (Aldi/detikSumut)
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. (Foto: Nizar Aldi/detikSumut)
Medan -

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi berencana memberikan mobil dinas kepada setiap kepala sekolah SMA, SMK dan SLB Negeri di Sumut. Ini untuk memotivasi para kepala sekolah untuk meningkatkan prestasi.

"Saya sudah merencanakan. Nanti akan mendapatkan mobil dinas kepala sekolah, berupa Avanza kah, untuk memotivasi si kepala sekolah ini," kata Edy Rahmayadi, Selasa (5/7/2022).

Hal itu diungkapkan Edy usai melantik 344 kepala sekolah di tingkat SMA, SMK, dan SLB Negeri di bawah naungan Dinas Pendidikan Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin.


Selain mobil dinas, Edy juga berencana memberikan reward atau penghargaan kepada kepala sekolah berprestasi. Reward itu diberikan dalam bentuk memberi kebebasan kepada kepala sekolah yang bersangkutan untuk memilih sekolah yang akan dia pimpin.

"Ke depan, kita akan beri reward kepala sekolah yang berprestasi. Dia akan menempati tempat-tempat yang dia maunya di mana, di sekolah-sekolah yang bisa lebih memompa prestasi," sebutnya.

Adapun pelantikan kepala sekolah kali ini, merupakan tahap pertama. Masih ada sekitar 200 lebih sekolah yang sampai saat ini belum dapat kepala sekolah

"Inilah orang-orangnya pada tahap pertama yang dilantik, jumlahnya 344 kepala sekolah, masih ada 200 an sekolah yang belum dapat kepala sekolahnya," ujarnya.

Dia mempunyai pola baru dalam menentukan kepala sekolah saat ini, berbeda dengan waktu dulu. Saat ini, setiap calon kepala sekolah harus sekolah atau belajar dulu sebelum ditempatkan menjadi kepala sekolah.

"Masa lalu, orang itu jadi kepala sekolah dulu baru disekolahkan. Nah sekarang saya balik, dia tes sekolah dulu, selesai sekolah baru dia ditempatkan menjadi kepala sekolah," ungkapnya.

Edy menerapkan itu agar kualitas kepala sekolah juga semakin baik. Jika kepala sekolah berkualitas, diharapkan sekolah yang dipimpinnya bisa lebih berprestasi.

"Karena kalau dia dijadikan kepala sekolah baru disekolahkan, kayaknya target yang kita harapkan, kualitas sumber daya manusia kepala sekolahnya tak ketemu di situ," sebutnya.

Edy yakin jika kepala sekolah yang hari ini dilantik, maka akan dapat mendongkrak posisi Sumut di bidang pendidikan yang saat ini di urutan 27 dari 34 provinsi.

"Saya yakin, kalau kepala sekolahnya ini oke, rangking yang tadi itu akan terjawab," tutupnya.



Simak Video "Temui Massa Tolak BBM Naik, Gubsu Edy Diminta Jadi Presiden"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)