Gubsu Edy Tanya soal Niatan Bobby, Pengamat: Cek Ombak

Nizar Aldi - detikSumut
Selasa, 05 Jul 2022 15:26 WIB
Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution (Aldi/detikSumut)
Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution (Aldi/detikSumut)
Medan -

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi bertanya kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution tentang langkah di Pilkada 2024. Sikap Edy ke Bobby itu seperti sedang cek ombak.

"Itu dapat dimaknai sebagai 'cek ombak' apakah Bobby berniat dua periode atau ada niat lain seperti nyalon gubernur," kata pengamat politik dari UINSU, Faisal Riza kepada detikSumut, Selasa (5/7/2022).

Sehingga apabila terjawab, maka Edy bisa menghitung langkah politik yang akan diambilnya ke depan. Kalau misalnya Bobby maju jadi jadi gubernur, apakah Edy tetap maju atau jadi DPR RI atau langkah politik lainnya.


"Kalau terjawab, Pak gubernur bisa ambil langkah politik yang diperlukan. Misalnya kalau Bobby maju gubernur maju juga atau nyalon DPR RI, atau lainnya," sebutnya.

Selain itu, guyonan yang dimaksud Edy itu juga bisa dimaknai lain kata Faisal. Bisa jadi bersifat teguran kepada Bobby selaku wali kota, tentang permasalahan atau pembangunan tersebut membutuhkan waktu berapa lama, karena tak kunjung selesai.

"Makna lainnya, pertanyaan itu sifatnya teguran kepada wali kota. Kira-kira dia butuh berapa periode untuk menyelesaikan permasalahan yang dimaksud (seperti pipa dan genangan air)," jelasnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa dialog seperti ini berpotensi memperpanjang polemik antara gubernur dan wali kota. Hal itu bukan tanpa alasan, Faisal menyebutkan seperti pemberitaan di media, mereka berebut panggung dalam wacana revitalisasi lapangan merdeka dan kasus Holywings.

"Selanjutnya, dialog itu semacam memperpanjang polemik antara gubernur dan wali kota Medan, seperti sebelumnya, dalam laporan media, mereka berebut panggung dalam wacana revitalisasi Lapangan Merdeka dan kasus Holywings," ujarnya.

Karena dia menganggap, hal tersebut tidak terlepas dari aksi pengerasan rivalitas antar dua tokoh tersebut menjalang pilkada mendatang.

"Nampaknya, ini tak bisa dipisahkan sebagai bagian dari aksi pengerasan rivalitas antar dua tokoh jelang pemilu gubernur," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, Gubsu Edy Rahmayadi bertanya kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution tentang niatannya di Pilkada 2024 mendatang. Edy bertanya apakah Bobby masih di mencalonkan diri jadi wali kota untuk periode kedua.

"Kau di pilkada ini masih di wali kota kan?," tanya Edy kepada Bobby, Senin (4/7/2022).

Edy menanyakan itu saat menggelar rapat bersama Wali Kota Medan Bobby Nasution perihal infrastruktur Kota Medan. Rapat tersebut diadakan di Aula Tengku Rizal Nurdin, rumah dinas Gubsu, di Jalan Jenderal Sudirman No. 41 Medan.



Simak Video "Gubsu Edy-Bobby Duduk Berdampingan saat Salat Idul Adha"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)