Alasan 4 Daerah di Sumbar Tahap Awal Penerapan Beli BBM Pakai MyPertamina

Sumatera Barat

Alasan 4 Daerah di Sumbar Tahap Awal Penerapan Beli BBM Pakai MyPertamina

Jeka Kampai - detikSumut
Jumat, 01 Jul 2022 15:08 WIB
Contoh penggunaan aplikasi MyPertamina.
Contoh penggunaan aplikasi MyPertamina. (Foto: Jeka Kampai/detikSumut)
Padang Panjang -

Mulai hari ini, PT. Pertamina (Persero) melakukan pengetatan pembelian BBM jenis Pertalite dan Solar di empat daerah di Sumatera Barat Para pengendara yang ingin membeli kedua jenis bahan bakar bersubsidi tersebut wajib terdaftar di aplikasi MyPertamina.

Section Head Communication Relation Pertamina Patra Niaga Regional Sumatra Utara (Sumbagut) Agustiawan menyebutkan, empat daerah itu adalah Kota Bukittinggi, Padang Panjang, Kabupaten Agam dan Tanah Datar.

"Saat ini kita mulai uji coba pendataan konsumen yang bisa mendapatkan BBM bersubsidi, di empat kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Barat, yakni Agam, Tanah Datar, Padang Panjang dan Bukittinggi," kata Agustiawan saat meninjau penerapan kebijakan tersebut di salah satu SPBU di Kota Padang Panjang, Jumat (1/7/2022).


Menurutnya, ada beberapa alasan empat daerah itu dipilih. Antara lain, soal respon cepat masyarakat terhadap perubahan.

"Kita mengambil daerah yang responnya cukup bagus. Dan empat daerah ini sudah mewakili Sumatra Barat secara keseluruhan," kata Agus.

Selain itu, Padang Panjang, Tanah Datar, Agam dan Kota Bukittinggi, merupakan daerah perlintasan Jalur Lintas Sumatra, dimana ada banyak kendaraan keluar masuk setiap hari. Sehingga transaksi pembelian BBM di empat daerah ini cukup tinggi.

Pemberlakukan pembelian BBM bersubsidi memakai aplikasi MyPertamina lanjut Agustiawan adalah untuk pendataan konsumen yang benar-benar layak mengkonsumsi BBM bersubsidi. Karena selama ini, BBM bersubsidi kerap tidak tepat sasaran.

Pertamina akan menggencarkan sosialisasi pembelian BBM bersubsidi pakai aplikasi ini supaya tidak ada lagi yang salah paham. Karena banyak pemahaman di masyarakat penggunaan aplikasi ini sebagai bentuk pembatasan BBM bersubsidi.

Bulan ini Pertamina akan melayani masyarakat konsumen BBM seperti biasa dan bisa menggunakan transaksi tunai. Pihaknya masih pada tahapan mengimbau supaya konsumen mendaftar melalui website MyPertamina.

"Kita masih melayani masyarakat yang mau membeli BBM secara biasa menggunakan pembayaran tunai atau belum terdaftar di website MyPertamina," ujarnya.

Setelah uji coba selama satu bulan ini, Pertamina akan melakukan evaluasi untuk mempertimbangkan pemberlakuan pembelian BBM bersubsidi pakai aplikasi MyPertamina untuk skala nasional.



Simak Video "Amankah Membuka HP saat di SPBU? "
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)