Aceh

Pemkot Banda Akan Catatkan Rekor MURI di Festival Kopi Gemilang

Atta Kharisma - detikSumut
Sabtu, 25 Jun 2022 12:48 WIB
Walkot Banda Aceh
Foto: Pemkot Banda Aceh
Jakarta -

Pemerintah Kota Banda Aceh akan menggelar Festival Kopi Gemilang pada 2-3 Juli 2022 mendatang di Taman Bustanussalatin. Ketua Panitia Festival Kopi Gemilang Diah Rahmat Syahputra menyebut festival tersebut akan mencatatkan rekor MURI 1.001 saring kopi Aceh serentak.

"Semua dana yang kita gunakan merupakan dana sponsor. Kita harapkan semua berkontribusi untuk menyukseskan event ini, untuk membangkitkan gairah kunjungan wisata ke Banda Aceh," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/6/2022).

Ia menjelaskan kegiatan tersebut akan melibatkan ratusan siswa SMP di Kota Banda Aceh, dengan tujuan memberi edukasi dan pemahaman kepada siswa terkait kopi saring sebagai warisan indatu (nenek moyang) orang Aceh.


"Dalam event ini juga akan ada berbagai kegiatan seperti demo meracik kopi, atraksi drumband, funbike gemilang dan hiburan tari daerah serta musik lokal," tambah Diah.

Sementara itu, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan ini karena dapat meningkatkan promosi wisata kota Banda Aceh melalui event pencatatan rekor MURI.

"Untuk pertama kalinya Kota Banda Aceh akan melakukan Pencatatan Rekor MURI Saring Kopi Aceh Serentak dan Terbanyak, ini akan viral ke seluruh Indonesia," imbuhnya.

Aminullah menuturkan Kopi Aceh sudah terkenal ke seantero nusantara bahkan internasional. Selain itu, kota Banda Aceh dikenal sebagai kota 1.001 warung kopi. Karenanya, pencatatan rekor MURI akan semakin membuat nama kota Banda Aceh terkenal se-Indonesia.

Festival kopi ini rencananya akan menampilkan racikan kopi terbaik dari seluruh Aceh, termasuk kopi khas dari Sumatera Utara yang mungkin belum pernah dirasakan penikmat kopi di Banda Aceh.

Dalam rapat persiapan event Festival Kopi Gemilang, turut hadir Asisten II Jalaluddin, Kasatpol PP dan WH Kota Ardiansyah, Kabid Kebudayaan Husni Alamsyah, Plt Dispar Kota M Ridha, Kabag Prokopim Said Fauzan, Kabag Ekonomi Nella dan jajaran pemerintah kota lainnya.

(fhs/ega)