Riau

4 Hal tentang Pria di Kampar Ditarik Orang Utan saat Bikin Konten

Tim detikSumut - detikSumut
Kamis, 09 Jun 2022 06:37 WIB
Viral di media sosial video memperlihatkan seorang pria ditarik oleh orang utan di Kebun Binatang Kasang Kulim, Riau. Petugas menyebut pria tersebut melanggar aturan dengan melompati pagar pembatas.
Tangkapan layar video viral pria ditarik orang utan di Kampar (Istimewa)
Medan -

Aksi pria ditarik orang utan di Kebun Binatang Kasang Kulim, Kampar, Riau, membuat heboh. Pria bernama Hasanal Arifin (17) ditarik saat membuat sebuah konten untuk media sosial.

Rekaman video detik-detik Hasanal ditarik ini pun beredar dan viral di media sosial. Berikut 4 hal tentang peristiwa yang dialami Hasanal ini.

Hasanal Melewati Pembatas


Hasanal Arifin ditarik orang utan di Kebun Binatang itu bukan tanpa alasan. Dia ternyata nekat melewati pagar pembatas.

"Kejadian kemarin saat jam makan siang. Jadi pengunjung ini buat video melewati Pembatas," kata Pengelola Kebun Binatang Kasang Kulim, Derizal, Selasa (7/6/2022).

Tak Ada Izin Bikin Konten

Bukan hanya melanggar pembatas, aksi Hasanal membuat konten itu juga tidak berizin. Karena posisi yang terlalu dekat dengan kandang, Hasanal pun ditarik oleh orang utan.

"Dia buat konten tanpa izin, tidak ada izin sama petugas. Untungnya nggak terluka karena hanya ditarik saja. Kondisi orang utan sudah dewasa, usia 15 tahun," sebut Derizal.

BKSDA Riau mengatakan saat itu Hasanal memanfaatkan waktu istirahat petugas untuk masuk mendekati kandang dengan melewati pembatas. BKSDA mengatakan pembatas yang dipasang itu padahal untuk melindungi pengunjung.

Hasanal Minta Maaf

Setelah videonya itu viral, Hasanal pun meminta maaf. Dia mengakui telah melanggar aturan saat membuat konten itu.

"Saya ingin meminta maaf atas perbuatan itu karena telah melewati pagar pembatas kebun binatang tersebut. Saya minta maaf atas viralnya video tersebut," kata Hasanal lewat sebuah video seperti dilihat, Kamis (8/6).

Terancam Sanksi

BKSDA melakukan pemeriksaan terhadap Hasanal. BKSDA mengatakan mungkin saja jika Hasanal diberikan sanksi karena peristiwa ini.

"Sanksi masih kita pertimbangkan, apakah nanti sanksi sosial atau seperti apa dilihat dari hasil pemeriksaan. Bisa saja (disanksi tidak boleh masuk kebun binatang), tetapi kita lihat nanti," kata Plh Kepala BBKSDA Riau, Hartono.



Simak Video "Viral! Saat Pria Ditarik-tarik Orang Utan di Kebun Binatang di Riau"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)