BBKSDA Riau Siapkan Sanksi Pembuat Konten Ditarik Orang Utan

Raja Adil Siregar - detikSumut
Rabu, 08 Jun 2022 14:30 WIB
Viral di media sosial video memperlihatkan seorang pria ditarik oleh orang utan di Kebun Binatang Kasang Kulim, Riau. Petugas menyebut pria tersebut melanggar aturan dengan melompati pagar pembatas.
Pria ditarik orang utan di kebun binatang, Kampar, Riau (Foto: Istimewa)
Pekanbaru -

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau saat ini sedang memeriksa Hasanal Arifin (19). Hasanal diperiksa karena membuat konten ditarik orang utan di kebun binatang Kasang Kulim Zoo Kampar, Riau. BBKSDA masih mengkaji soal sanksi.

"Sekarang masih diperiksa, masih dimintai keterangan untuk pembuat videonya," kata Plh Kepala BBKSDA Riau, Hartono kepada detikSumut, Rabu (8/6/2022).

Terkai sanksi, Hartono mengaku petugas masih melakukan pemeriksaan mendalam. Termasuk mempertimbangkan sanksi sosial atas pelanggaran yang dilakukan pria asal Jalan Manyar Sakti Pekanbaru itu.


"Sanksi masih kita pertimbangkan, apakah nanti sanksi sosial atau seperti apa dilihat dari hasil pemeriksaan. Bisa saja (disanksi tidak boleh masuk kebun binatang), tetapi kita lihat nanti," tegas Hartono.

Hartono mengatakan perekam video yang terakhir diketahui bernama Hasanal Arifin tersebut sengaja membuat konten ketika petugas istirahat. Konten itu dibuat diam-diam dengan melewati pagar pembatas.

"Sementara dia buat konten diam-diam, dia lewati pagar pembatas yang sudah dibuat oleh pengelola. Jadi sengaja dia mau buat konten, makanya dia rekam dan viral," kata Hartono.

Dalam video viral yang dilihat detikSumut, Selasa (7/6) itu, terlihat seorang pria di depan kamera coba berinteraksi dengan orang utan dalam kandang. Dia diduga hendak membuat konten video untuk diunggah ke media sosial.

Namun, tiba-tiba orang utan dalam kandang menariknya. Awalnya, hanya baju pengunjung tersebut yang ditarik. Seorang pria lain yang hendak menolongnya juga ikut ditarik.

Pria tersebut langsung ketakutan dan mencoba melepaskan diri. Namun orang utan justru semakin kuat menarik kaki pria tersebut ke kerangkeng.

Setelah dikonfirmasi, kejadian tersebut terjadi pada Senin siang kemarin. Pengunjung tersebut tengah membuat konten video dan melewati pembatas jarak dengan kandang.

"Kejadian kemarin saat jam makan siang. Jadi pengunjung ini buat video melewati pembatas," ujar Pengelola Kebun Binatang Kasang Kulim Desrizal, Selasa (7/6).

Saat membuat video itulah, tiba-tiba dia ditarik orang utan. Aksi tersebut membuat pria itu ketakutan dan menjerit histeris.

Hasanal Arifin (19), pembuat konten yang ditarik orang utan di Kebun Binatang Kasang Kulim, Kampar, Riau meminta maaf. Hasanal mengaku salah karena tak izin membuat konten.

"Saya ingin meminta maaf atas perbuatan itu karena telah melewati pagar pembatas kebun binatang tersebut. Saya minta maaf atas viralnya video tersebut," kata Hasanul lewat sebuah video seperti dilihat.



Simak Video "Viral! Saat Pria Ditarik-tarik Orang Utan di Kebun Binatang di Riau"
[Gambas:Video 20detik]
(ras/astj)