Sumatera Selatan

Kabar Gembira, Pemkot Palembang Lampu Hijau PTM 100 Persen

Prima Syahbana - detikSumut
Selasa, 07 Jun 2022 11:39 WIB
ilustrasi ptm
Ilustrasi proses pembelajaran di sekolah. (Foto: A.Prasetia/detikcom)
Palembang -

Tahun ajaran baru 2022/2023 segera dimulai. Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatera Selatan optimistis dan memberikan lampu hijau untuk proses pembelajaran tatap muka 100 persen. Namun, hal itu masih menunggu keputusan pemerintah pusat.

Kabar baik tersebut disampaikan langsung Kepala Dinas Pendidikan Palembang, Ahmad Zulinto. Zulinto memastikan di tahun ajaran baru ini pihaknya akan menerapkan PTM penuh, apabila sudah di izinkan pemerintah pusat.

"Tahun ini jika di izinkan PTM penuh, maka PTM penuh pasti akan kita terapkan," kata Zulinto kepada detikSumut, Selasa (7/6/2022).


Zulinto pun menjelaskan alasan Pemkot Palembang saat ini belum bisa menerapkan aturan PTM penuh di sejumlah sekolah, hal itu karena memang belum diizinkan pemerintah pusat.

"Sekarang pun kalau tidak dilarang akan saya PTM full. Dari kitanya pasti memberikan lampu hijau kalau dari Kemendagri-nya sudah oke, aman. Dan kita juga menunggu juga dari Gubernur," katanya.

Untuk sementara ini, lanjutnya, proses belajar mengajar sekolah di Palembang masih menerapkan sistem hybrid; daring dan luring.

"Kita sampai hari ini masih dari dan luring, masih kolaborasi. Kami juga menunggu keputusannya dari Kemendagri dan Kemendikbud," jelasnya.

Terkait tradisi pesta perpisahan siswa, dia menegaskan untuk tidak menggelar pesta perpisahan yang berlebihan seperti di hotel, di tempat wisata dan lain sebagainya.

"Kita bukan hanya mengimbau tapi melarang acara perpisahan di luar sekolah baik itu di hotel, tempat wisata dan lain sebagainya, karena biayanya terlalu besar, anak-anak harus bayar uang sampai Rp 200 hingga Rp 250 ribu. Jadi tetap mengadakan perpisahan apapun bentuknya di sekolah, sederhana saja dan tidak mengeluarkan biaya yang besar, " jelasnya.



Simak Video "PTM Sekolah dan Kurikulum di Ciamis Dilaksanakan 100 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)