Sumatera Barat

Bayi di Solok Meninggal Dunia Diduga Terinfeksi Hepatitis Misterius

Jeka Kampai - detikSumut
Senin, 09 Mei 2022 15:02 WIB
Hepatitis word from wooden blocks on desk
Foto: Getty Images/iStockphoto/Piotrekswat
Padang -

Bayi berusia 1 bulan 29 hari asal Solok, Sumatera Barat, meninggal dunia diduga terinfeksi hepatitis misterius. Bayi tersebut tutup usia usai mendapat perawatan di rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Lila Yanwar mengatakan bayi tersebut meninggal dunia pada Senin (2/5) lalu atau bertepatan dengan Lebaran Idul Fitri 1443 H.

Lila menyebut balita tersebut menderita gejala mirip hepatitis seperti penyakit kuning, demam, gangguan pencernaan dan diare.


"Dia gejalanya seperti hepatitis A, tetapi tidak cocok pemeriksaan laboratorium dengan hepatitis A. Sehingga kita sebut dengan hepatitis unknown etiology (hepatitis misterius)," katanya kepada wartawan di Kantor Gubernur Sumbar, Padang, Senin (9/5/2022).

"Baru satu ini ditemukan, tapi ini kasus suspek, ya. Baru diduga. Ada pemeriksaan lain yang harus dilakukan, tapi anaknya keburu meninggal. Dan pemeriksaan itu baru kita dapat dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) beberapa hari lalu," lanjut dia.

Dinkes Provinsi Sumbar, kata Lila, bersama Dinkes Kabupaten Solok dan RSUD setempat sudah melakukan penelusuran. Mulai dari riwayat perjalanan, kondisi rumah dan lain-lain.

"Setelah ini, kita akan lakukan pertemuan dengan dinas kesehatan tingkat kabupaten dan kota di Sumbar untuk membahas penyakit misterius ini. Kami memberikan warning kepada teman-teman direktur rumah sakit, dan juga kepala dinas kesehatan jika ada gejala seperti itu untuk segera melaporkan," katanya.

Sebelum meninggal dunia, Lila mengatakan bayi tersebut sempat dirawat di Rumah Sakit Hermina Padang setelah dirujuk dari Kabupaten Solok.

"Pasien ini rujukan dari Solok yang sempat dirawat di Hermina (Padang). Meninggal Senin 2 mei lalu," tutupnya.



Simak Video "Dua Dugaan Penyebab Hepatitis Akut Misterius"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)