2 Anak di Sumut Diperiksa Dugaan Hepatitis Misterius

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikSumut
Senin, 09 Mei 2022 10:56 WIB
HEPATITIS written on a wooden block near a stethoscope, syringe and pills on a blue background. Medical concept
Ilustrasi Hepatitis Misterius (Foto: Getty Images/iStockphoto/ALENA DZIHILEVICH)
Medan -

Dinas Kesehatan Sumut menemukan adanya dua orang anak yang diduga terserang penyakit hepatitis misterius. Keduanya masih dalam pemeriksaan.

"Dua (anak), tapi belum ada secara tertulis dari dokter anak," kata Kadis Kesehatan Sumut Ismail Lubis, Senin (9/5/2022).

Ismail mengatakan informasi terkait hal itu didapatinya dari anggotanya. Kedua anak itu disebut memiliki gejala mirip hepatitis misterius.


"Masih diteliti, ada anak dari dua rumah sakit tapi lagi diteliti dokter anak. Belum dipastikan, mirip masih, belum ada kepastiannya," ucap Ismail.

Terkait soal penyebaran penyakit ini, Ismail mengimbau agar warga menjaga kebersihan dan kesehatan. Dia memberikan pesan agar memakan makanan yang dimasak secara matang.

"Semuanya sebelum makan cuci tangan, masakan harus dimasak dengan matang. Misalkan mengonsumsi air minum harus sudah yang matang 100 derajat," tuturnya.

Ismail juga mengimbau agar warga segera berobat jika menemukan gejala hepatitis, terutama anak-anak di bawah 16 tahun.

"Jika mengalami diare, segera bawa ke fasilitas kesehatan supaya jangan terlambat penanganannya," jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan pihaknya sudah membentuk tim khusus untuk mengantisipasi penyebaran hepatitis ini. Tim itu dipimpin dr Zainal dari RS Adam Malik, Medan.



Simak Video "Momen Kericuhan Polisi-Warga saat Eksekusi Kafe di Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/astj)