Tebingtinggi

Antisipasi Kepadatan, Petugas Siap Tambah Pintu Masuk Tol

Tim detikSumut - detikSumut
Sabtu, 07 Mei 2022 16:08 WIB
Suasana di pintu tol Tebingtinggi. Foto Baringin Gaol/detikSumut
Suasana di pintu tol Tebingtinggi. Foto Baringin Gaol/detikSumut
Tebingtinggi - Petugas di pintu tol Tebingtinggi akan melakukan penambahan pintu masuk antara 3 hingga 5 pintu pada puncak kepadatan arus balik mudik lebaran di H+6 ini. Diperkirakan kepadatan kendaraan akan terjadi pada pukul 17:00 WIB hingga pukul 18:00 WIB.

Kepala Pos Terpadu, Pintu Tol Tebingtinggi, AKP Maruli Simanjorang mengatakan jika melihat dalam beberapa terakhir, kepadatan terjadi di sore hari. Dipukul 17:00 wib hinga pukul 18:00 WIB pintu tol bisa melayani lebih dari seribu kendaraan.

"Biasanya satu jam saja. Bisa tembus hingga 1200 kendaraan. Namun jika melihat dari pergerakan 24 jam penuh kepadatan kendaraan bisa mencapai 18 ribu hingga 20 ribu per hari," terang Maruli, Sabtu (7/5/2022).

Namun para pemudik yang melintas dari kawasan pintu tol Tebingtinggi tidak perlu khawatir. Petugas di pos akan melayani pemudik dengan maksimal.

"Untuk saat ini pukul 14:00 WIB masih cenderung baik. Arteri masih cenderung normal. Namun apabila membludak pintu tol akan langsung kita tambah. Yang biasa normal akan diberlakukan 3 atau 5," jelasnya.

Selain penambahan pintu tol, ada juga petugas di pintu tol yang langsung mendatangi pengemudi untuk melakukan registrasi masuk menggunakan mesin portabel. Sehingga tidak ada antrean yang cukup panjang untuk masuk ke ruas jalan tol.

"Koordinasi pihak kepolisian dengan pengelola tol sangat baik. Jadi setiap informasi yang kita berikan kepada pihak pengelola tol terkait lonjakan kendaraan langsung respons. Jadi pemudik cukup memastikan seluruh kendaraan dan pengemudi dalam keadaan baik agar perjalanan lancar," terangnya.

Selain itu para pemudik juga harus memastikan kartu tol dalam keadaan terisi. Sehingga tidak menimbulkan antrean panjang apabila saat keluar dari pintu tol. Maruli menyarankan agar pengemudi memastikan saldo cukup dalam kartu sebelum memasuki pintu tol.

Simak Video "Penampakan Arus Mudik di Tol Trans Sumatera Medan-Tebing Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(bpa/bpa)