12 Permainan Tradisional Bugis yang Seru serta Cara Memainkannya

Al Khoriah Etiek Nugraha - detikSulsel
Minggu, 07 Agu 2022 14:39 WIB
Permainan tradisional Bugis Maraga
Permainan tradisional Bugis Ma'raga (Foto: Istimewa)
Makassar -

Permainan tradisional Bugis kerap kali diperlombakan menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Di Sulawesi Selatan terdapat berbagai permainan tradisional rakyat termasuk di suku Bugis.

Permainan tradisional Bugis adalah jenis permainan yang dimiliki oleh masyarakat suku Bugis. Permainan tradisional ini berdasarkan tradisi dan adat kebiasaan yang diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya secara lisan.

Sejumlah permainan tradisional Bugis merupakan bagian dari upacara adat, ada pula hanya sekadar permainan rakyat. Permainan tradisional ini menggunakan alat-alat sederhana yang berasal dari alam.


Berikut 12 permainan tradisional Bugis yang seru serta cara memainkannya seperti dirangkum detikSulsel dari berbagai sumber:

1. Mappadendang

Mappadendang merupakan salah satu permainan tradisional Bugis yang cukup dikenal. Mappadendang sendiri merupakan tradisi pesta panen masyarakat bugis.

Mappadendang ini merupakan permainan irama alu dan lesung. Mappadendang biasanya dilakukan oleh 6 perempuan dan 4 pria.

Pemain yang bertugas dalam memainkan seni menumbuk lesung ini atau Mappadendang dipimpin oleh dua orang. Masing-masing berada di ulu atau kepala lesung guna mengatur ritme dan tempo irama dengan menggunakan alat penumbuk yang berukuran pendek. Biasanya yang menjadi pengatur ritme adalah mereka yang berpengalaman.

Sementara yang menumbuk di badan lesung adalah mereka perempuan atau laki-laki yang sudah mahir dengan menggunakan bambu atau kayu yang berukuran setinggi badan orang atau penumbuknya. Para pemain kemudian saling bergantian menumbukkan alu pada sebuah lesung hingga tercipta irama yang apik, menarik dan harmonis.

Para pemainnya juga bernyanyi mengucap rasa syukur atas hasil panen yang melimpah. Irama dan nada yang rancak, membuat para pemainnya kian bersemangat.

2. Maccukke

Jenis permainan tradisional Bugis ini menggunakan alat yang sederhana. Yakni kayu atau rotan yang rata-rata berdiameter 2-3 cm, dengan panjang lebih kurang 30 cm untuk alat pengungkitnya (indo cukke) dan berukuran 1/3 lebih pendek alat yang diungkit (anak cukke).

Secara teknis, permainan Maccukke ini dilakukan secara berkelompok, yaitu satu kelompok dua orang atau lebih. Permainan tradisional Bugis ini diawali dengan menentukan kelompok yang pertama mengungkit dan yang pertama menjaga.

Area permainan memerlukan tempat atau lokasi yang bersih, tidak berumput untuk area membuat lubang tempat mengungkit, dan area yang luas agar leluasa untuk berlari.

Permainan ini dilakukan dengan menaruh akan cukke di atas lubang yang telah digali. Kemudian mengungkit anak cukke ke udara menggunakan indo cukke. Ketika anak cukke melayang pemain harus berusaha memukul nya menggunakan indo sukke seperti memukul bola kasti.

Permainan ini berlangsung dengan aturan apabila kelompok penjaga berhasil menangkap anak cukke yang berhasil dipukul oleh kelompok pengungkit dan melempar nya serta mengenai salah satu tim pengungkit maka kelompok penjaga mendapat poin.

Berikutnya Ma'raga...