5 Kota Terpadat di Jawa Timur, Daerah Kamu yang Mana Rek?

Dina Rahmawati - detikJatim
Jumat, 19 Agu 2022 18:42 WIB
Sebuah kampung di Surabaya berada di tengah Jalan Ahmad Yani arah Wonokromo dan arah Bundaran Waru. Total ada 62 KK di kampung tersebut.
Permukiman penduduk di Surabaya/Foto: Faiq Azmi
Surabaya -

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Pulau Jawa. Dalam situs resmi Provinsi Jawa Timur disebutkan, Jawa Timur memiliki luas wilayah 47.963 km2 yang meliputi dua bagian utama. Yakni Jawa Timur daratan dan Kepulauan Madura.

Wilayah Jawa Timur daratan sebesar 42.541 km2, sementara Kepulauan Madura memiliki luas sebesar 5.422 km2. Jumlah penduduknya mencapai 40,67 juta jiwa pada 2020.

Secara administratif, Jawa Timur terbagi menjadi 29 kabupaten dan 9 kota. Ini menjadikan Jawa Timur sebagai provinsi dengan jumlah kabupaten/kota terbanyak di Indonesia. Ibu kota Provinsi Jawa Timur yakni Surabaya.

Berikut 5 kota terpadat di Jawa Timur:

1. Kota Surabaya

Sebuah kampung di Surabaya berada di tengah Jalan Ahmad Yani arah Wonokromo dan arah Bundaran Waru. Total ada 62 KK di kampung tersebut.Sebuah kampung di Surabaya/ Foto: Faiq Azmi

Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jawa Timur. Sebelah utara dan timur Kota Surabaya berbatasan dengan Selat Madura. Sementara sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Sidoarjo dan sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Gresik.

Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Mengutip dari laman Pemerintahan Surabaya, luas wilayah Kota Surabaya sekitar 326,81 km2 yang terbagi menjadi 31 kecamatan dan 163 desa/kelurahan. Jumlah penduduknya sekitar 2,9 juta jiwa pada tahun 2020. Kepadatan penduduk Kota Surabaya mencapai 8.798 jiwa/km2.

Sebagai kota metropolitan, Surabaya menjadi pusat kegiatan perekonomian di Jawa Timur. Mayoritas penduduknya bergerak dalam bidang bisnis, jasa, industri, dan perdagangan. Sehingga lahan persawahan jarang ditemukan di Kota Pahlawan.

2. Kota Malang

Jika Anda mengaku berani main ke perumahan di kawasan Sawojajar, maka Anda harus siap kebingungan bahkan tersesat. Sebab, perumahan tersebut disebut 'labirin'.Perumahan 'Labirin' di Kota Malang/ Foto: M Bagus Ibrahim/detikJatim

Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur. Kota Malang berada di sekitar 440 meter di atas permukaan laut. Sehingga udara di Kota Malang cenderung sejuk. Luas wilayahnya mencapai 114,26 km2.

Secara administratif, Kota Malang terbagi menjadi 5 kecamatan yaitu Kecamatan Kedungkandang, Kecamatan Sukun, Kecamatan Klojen, Kecamatan Blimbing, dan Kecamatan Lowokwaru. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Kota Malang tahun 2021, jumlah penduduk Kota Malang sekitar 844.933 jiwa dengan kepadatan penduduk mencapai 7.781 jiwa/km2.

Kota Malang kerap dijuluki sebagai Kota Pariwisata. Sebab, ada beragam jenis wisata di kota ini.

Mulai dari kuliner, taman kota, festival, serta religi. Posisinya yang strategis di tengah Malang Raya dapat memudahkan pengunjung untuk menjangkau berbagai destinasi wisata alam di Malang Raya.



Simak Video "Menikmati Cantiknya Pertunjukan Air Mancur di Atlantis Land Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]