Tak Perlu Jauh-jauh, Ada Objek Wisata Ala Jepang di Bantul

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Sabtu, 17 Sep 2022 10:54 WIB
Little Tokyo (Litto) di Kalurahan Muntuk, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul, Kamis (15/9/2022).
Little Tokyo (Litto) di Kalurahan Muntuk, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul, Kamis (15/9/2022). Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng
Bantul -

Ada objek wisata baru di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Objek wisata ini menawarkan suasana ala Jepang dengan suasana sejuk karena berada di dekat hutan pinus Dlingo.

Bernama Little Tokyo atau Litto, lokasinya di Kalurahan Muntuk, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul. Litto berada tidak jauh dari objek wisata puncak pinus Becici.

Sesampainya di lokasi, pengunjung akan disambut gerbang berkonsep kuil Jepang berwarna merah. Masuk ke dalam, tampak bangunan utama Litto tinggi menjulang menyerupai kastil Jepang. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan Kota Jogja dari atas perbukitan.


Food and Beverage Manager Litto, Yohanes Hendra, menjelaskan alasan mengusung tema Jepang karena sang owner pernah berkunjung ke Jepang dan sangat terkesan dengan suasana di sana. Hal tersebut berlanjut dengan ide membuat objek wisata dengan membawa suasana Jepang ke Bantul.

"Jadi kita memang lebih menjual suasana Tokyo. Karena kebetulan owner-nya sangat terkesan waktu traveling ke sana dan ingin membawanya ke sini juga," kata Hendra saat ditemui wartawan, Kamis (15/9/2022).

Bangunan utama dengan lima lantai dibangun menyerupai kastil Jepang. Selain itu, lingkungan juga dibuat semirip mungkin dengan suasana layaknya berada di Jepang. Seperti pemasangan pernak-pernik khas jepang, menyediakan restoran makanan Jepang, hingga menyediakan berbagai pakaian yang identik dengan negeri sakura.

Little Tokyo (Litto) di Kalurahan Muntuk, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul, Kamis (15/9/2022).Little Tokyo (Litto) di Kalurahan Muntuk, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul, Kamis (15/9/2022). Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng

"Kita juga memberikan semua yang otentik, makanannya juga, penginapan juga ada. Jadi Little Tokyo ini tujuan pertamanya ingin memberikan sensasi suasana Jepang di sini, biar tidak perlu jauh-jauh ke Jepang cukup ke Bantul saja bisa merasakan sensasi di Jepang," ucapnya.

Kendati demikian, Litto belum buka sepenuhnya karena masih menyiapkan kamar penginapan untuk wisatawan. Menurutnya, bangunan lima lantai ini nantinya tiga lantai untuk penginapan dan dua lantai di bawahnya berfungsi sebagai restoran khas Jepang.

"Untuk kamar total ada 18 dengan rincian 15 kamar reguler dan 3 kamar VIP. Meski belum sepenuhnya, tapi kita sudah buka untuk umum," ujarnya.

Litto juga menyediakan penyewaan jip untuk melihat suasana sekitar. Bagi wisatawan yang ingin berpenampilan seperti orang Jepang, Litto juga menyediakan penyewaan Yukata atau baju khas Jepang.

"Lalu ada empat kolam renang, karena kamar belum ready sementara kalau ke sini bisa hanya untuk berenang, makan, dan foto-foto. Terus ada restoran makanan Jepang, balon udara juga ada, tapi untuk mengoperasikannya sangat memperhatikan kondisi cuaca," ucapnya.

Halaman selanjutnya, tarif masuk...



Simak Video "Kafe Tak Berizin di Babarsari Disegel, Sempat Terjadi Perlawanan"
[Gambas:Video 20detik]