5 Puncak Gunung di Jawa yang Terlarang untuk Pengibaran Bendera

Tim detikJateng - detikJateng
Selasa, 16 Agu 2022 15:17 WIB
Gunung Semeru erupsi lagi
Erupsi Gunung Semeru beberapa waktu lalu. Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikJatim
Solo -

Bagi para pecinta alam atau pehobi mendaki gunung, merayakan HUT RI dengan cara mengibarkan bendera di puncak gunung tentu menjadi salah satu agenda wajib tahunan.

Namun perlu diingat, sejak Minggu (14/8) lalu ada beberapa puncak gunung api di Indonesia yang direkomendasikan oleh Magma Indonesia agar tidak ada aktivitas di kawasan puncaknya karena masih berstatus Siaga (level III) dan Waspada (level II).

Dikutip dari laman resmi Magma Indonesia, magma.esdm.go.id, berikut daftar gunung api di Pulau Jawa yang sejak Minggu lalu hingga Senin (15/8/2022) kemarin masih berstatus Siaga dan Waspada. Untuk data terbaru dari hasil pengamatan pada Selasa-Rabu (16-17/8), besok silakan cek di laman magma.esdm.go.id.


1. Gunung Semeru (Siaga atau Level III)

Gunung Semeru berada di wilayah Lumajang dan Malang, Jawa Timur. Dari pengamatan visual pada Senin (15/8) periode 00.00-24.00 WIB, Gunung Semeru terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati.

Selama 24 jam itu, cuacanya cerah hingga hujan dan angin lemah bertiup ke arah barat daya serta barat. Suhu udaranya berkisar 22-31 derajat celsius.

Dari hasil pengamatan visual, klimatologi, dan kegempaan Gunung Semeru, Magma Indonesia merekomendasikan 3 hal berikut:

  • Tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi). Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak
  • Tidak beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar)
  • Mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

4 Gunung lainnya meliputi Raung, Bromo, Slamet, hingga Merapi sila baca di halaman berikutnya...