Buntut Tragedi Kanjuruhan, Laga PSIK Klaten Diundur-Tarkam Disetop

Buntut Tragedi Kanjuruhan, Laga PSIK Klaten Diundur-Tarkam Disetop

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Senin, 03 Okt 2022 14:06 WIB
Pj Sekda Klaten yang juga Ketua Askab PSSI Kabupaten Klaten, Jajang Prihono, Senin (3/10/2022).
Pj Sekda Klaten yang juga Ketua Askab PSSI Kabupaten Klaten, Jajang Prihono, Senin (3/10/2022). Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng
Klaten -

Tragedi Kanjuruhan, Malang, pada Sabtu (1/10) malam berujung tewasnya 127 orang suporter. Sebagai bentuk solidaritas dan menjaga psikis masyarakat, Pemkab Klaten menghentikan sementara pertandingan liga maupun kesebelasan di daerah atau tarkam.

"Ya saya selaku ketua Askab PSSI Kabupaten sudah saya instruksikan membuat surat, untuk pelaksanaan tarkam-tarkam di bawah PSSI dihentikan sementara," ungkap Pj Sekda Kabupaten Klaten, Jajang Prihono, kepada wartawan, Senin (3/10/2022).

Jajang menjelaskan pertandingan tarkam dihentikan karena pertimbangan psikis. Dikhawatirkan kejadian di Kanjuruhan akan berpengaruh di Klaten.


"Apa pun namanya sepakbola secara psikis kejadian suatu wilayah akan berpengaruh psikis yang lain. Dan saya yakin pertimbangan dari sisi keamanan belum memungkinkan dengan kondisi saat ini," terang Jajang.

Meskipun tidak ada kaitannya langsung dengan kejadian di Malang, lanjut Jajang, daerah tidak berani mengambil risiko.

"Kita mengkhawatirkan psikis bisa merembet. Tapi untuk latihan bisa jalan terus," ujarnya.

Tidak hanya tarkam, sesuai surat dari Asprov PSSI, pertandingan untuk Liga 3 juga dihentikan sementara. Pertandingan tim PSIK Klaten yang kini berlaga di Liga 3 juga terpaksa diundur.

"Sebagai dampak kejadian kemarin, sudah muncul suara dari Asprov PSSI Liga 3 dihentikan satu pekan, kita tunggu perkembangan lebih lanjut. Yang rencana kita tanggal 5 besok bertanding dengan Persebi (Boyolali) mundur," jelasnya.

Askab Kabupaten selanjutnya akan menunggu instruksi lebih lanjut dari PSSI.

"Ini hanya sepakbola saja. Sebatas saya tahu hanya satu cabor di sepakbola saja dan latihan tetap jalan terus," imbuh Jajang.

Terpisah, Manajer PSIK Klaten Purwanto mengatakan PSIK akan mengikuti keputusan Asprov PSSI terkait penghentian sementara Liga 3.

"Surat Asprov kemarin ada penundaan satu pekan, kita taat surat itu. Jadwal kita tanggal 5 Oktober besok dengan Persebi kita menyesuaikan jadwal, sementara tetap berlatih," ungkap Purwanto kepada wartawan.

Sementara itu terkait penghentian tarkam, ia tidak mempermasalahkannya karena sebagai wujud empati.

"Kemungkinan itu (penghentian tarkam) untuk empati kejadian di Malang. Tapi tidak apa hanya seminggu (penghentiannya)," imbuh Purwanto.



Simak Video "Komnas HAM Serahkan Laporan Investigasi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/sip)