RK soal Tragedi Kanjuruhan: Jangan Demi Rating TV Paksa Pertandingan Malam

RK soal Tragedi Kanjuruhan: Jangan Demi Rating TV Paksa Pertandingan Malam

Tim detikJabar - detikJateng
Minggu, 02 Okt 2022 19:07 WIB
Sabtu (1/10) malam terjadi tragedi di Stadion Kanjuruhan. Hingga saat ini, korban tewas akibat tragedi tersebut mencapai 174 orang berdasarkan data yang disampaikan Wagub Jatim, Emil Dardak.
Tragedi Kanjuruhan. (Foto: M Bagus Ibrahim/detikJatim)
Solo -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) menyampaikan duka cita atas tragedi Kanjuruhan yang terjadi kemarin malam. RK meminta semua pihak introspeksi dan menyinggung soal rating televisi dalam pernyataannya.

"TURUT BERDUKA CITA, sungguh ini adalah tragedi terbesar dalam perhelatan olahraga di Indonesia. Turut berduka cita atas meninggalnya 127 penonton dan aparat petugas. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran," kata Ridwan Kamil dalam unggahan di Instagram pribadinya, demikian dilansir detikJabar, Minggu (2/10/2022).

RK mengingatkan ada pelajaran besar dari kejadian itu. Menurutnya, olahraga harusnya jadi ajang untuk belajar menerima kemenangan dan kekalahan.


"Semua dari kita harus berintrospeksi atas tragedi ini. Tujuan berolahraga, pembelajaran menerima kemenangan atau kekalahan, profesionalitas kepanitiaan sebuah kegiatan olahraga, teknik pengamanan dll," jelasnya.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu lalu menyenggol pihak televisi. Sebab, laga-laga penting dan menyita perhatian kerap digelar dan disiarkan malam hari.

"Jangan selalu kejar demi rating TV dengan memaksa pertandingan selalu malam hari. Semoga kita belajar dan mengambil hikmah dari semua ini. Hatur Nuhun," pungkasnya.



Simak Video "RK soal Tragedi Kanjuruhan: Momentum Pembenahan Sepakbola Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/sip)