Juara Piala AFF U-16, Menpora Janji Pertahankan Iqbal dkk untuk Timnas U-20

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Sabtu, 13 Agu 2022 08:57 WIB
Menpora Zainudin Amali saat memberikan keterangan di Stadion Maguwoharjo Sleman, Jumat (12/8/2022) malam.
Menpora Zainudin Amali saat memberikan keterangan di Stadion Maguwoharjo Sleman, Jumat (12/8/2022) malam. Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng
Sleman -

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Zainudin Amali memastikan Timnas U-16 Indonesia akan dipertahankan dan digembleng hingga U-20. Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengaku sudah membahas masa depan Garuda Muda.

"Pertama kita mensyukuri anak-anak kita sudah membanggakan. Harapan ke depan untuk U-16 bisa menjadi timnas yang bagus beberapa tahun ke depan. Mudah-mudahan mereka bisa tetap seperti sekarang," kata Zainudin saat di stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022) malam.

Tak hanya itu, Zainudin juga berkomitmen membina Timnas U-16 ke depannya. Hal itu sebagai pembentukan Timnas U-20 yang akan berlaga pada Sea Games mendatang.


"Dan saya sudah ada komitmen dengan Ketum PSSI, kita jaga mereka sampai kita proyeksikan untuk di Timnas U-20 nanti. Dan untuk Sea Games juga mereka masih kita jaga," ucapnya.

Zainudin menambahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama ini selalu memantau laga Timnas U-16 Indonesia.

"Pak Presiden menonton langsung, karena setiap hasil pertandingan saya ditanya berapa (skornya), padahal beliau menonton. Jadi dukungan beliau penuh untuk sepak bola Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengaku sudah berkoordinasi dengan Menpora soal masa depan Timnas U-16 saat ini.

"Kami sudah lapor beliau kalau U-16 ini akan kita kawal. Tadi sudah diskusi beliau akan mengawali sampai U-20, siapa pelatihnya akan kita tentukan. Karena 4 tahun mendatang adalah masa keemasan mereka," ujarnya.

Terkait hasil pertandingan pada Jumat (12/8) malam, pria yang kerap disapa Iwan Bule ini mengaku sangat puas dan sesuai dengan apa yang dia inginkan. Menurutnya, capaian Timnas U-16 Indonesia tidak lepas dari peran pelatih Bima Sakti.

"Kepada anak-anakku Timnas U-16, terimakasih. Kalian luar biasa, sesuai yang saya inginkan. Ini juga tidak terlepas dari peran coach Bima Sakti yang telah memberikan yang terbaik," katanya.



Simak Video "Menpora Minta Tambahan Anggaran ke DPR Rp 3 Triliun"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/apl)