Kalah di Final AFF U-16, Vietnam: Bedanya Kita Main Lebih Terbuka

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Sabtu, 13 Agu 2022 07:33 WIB
Pelatih Timnas U-16 Vietnam Nguyen Quoc Tuan (tengah) saat memberikan keterangan pers di Stadion Maguwoharjo Sleman, Jumat (12/8/2022) malam.
Pelatih Timnas U-16 Vietnam Nguyen Quoc Tuan (tengah) saat memberikan keterangan pers di Stadion Maguwoharjo Sleman, Jumat (12/8/2022) malam. Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng
Sleman -

Timnas Indonesia juara Piala AFF U-16 2022 setelah mengalahkan Vietnam 1-0 dalam laga pamungkas di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022) malam. Meski timnya kalah, pelatih Vietnam mengaku puas dengan penampilan anak asuhnya.

"Memang tidak bisa dipungkiri ada kekecewaan karena kalah dalam pertandingan malam ini, tadi merupakan pertandingan yang sengit," kata pelatih Timnas U-16 Vietnam Nguyen Quoc Tuan saat di stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8) malam.

Kendati demikian, Tuan cukup puas dengan penampilan anak asuhnya. Mengingat, timnya harus melakoni pertandingan dengan tekanan tinggi dari suporter lawan.


"Saya cukup puas karena pemain menunjukkan semangat yang tinggi saat bermain dan bisa mengatasi tekanan dari pendukung yang datang," ujarnya.

"Dan ini jadi pembelajaran sangat berharga untuk para pemain, kita dapat kesempatan bermain di bawah tekanan," lanjut Tuan. Selain itu, Tuan mengaku sulit untuk bisa menyamakan kedudukan di babak kedua.

"Vietnam tidak mampu membuat perbedaan pada menit terakhir. Kita telah mencoba dan tidak bisa membuat perbedaan. Perbedaannya jika bisa memenangkan pertandingan ini kita bermain lebih terbuka, itu perbedaannya," katanya.

Menyoal target ke depan, Tuan mengaku akan fokus untuk kompetisi berikutnya. "Target selanjutnya adalah kualifikasi piala Asia U-17," ujarnya.



Simak Video "Momen Jokowi Bertemu Timnas U-16 Sebelum Upacara HUT RI"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/dil)