Round-Up

CCTV Rekam Adegan 3 Guru Paksa Siswi SMAN di Bantul Pakai Hijab

Tim detikJateng - detikJateng
Sabtu, 06 Agu 2022 06:30 WIB
SMAN 1 Banguntapan Bantul.
SMAN 1 Banguntapan Bantul. (Foto: dok. Kemdikbud.go.id)
Solo -

Kasus dugaan pemaksaan berhijab di SMAN 1 Banguntapan Bantul terus bergulir. Berdasarkan hasil investigasi, Inspektorat Jendral Kemendikbud menemukan bukti adanya unsur pemaksaan siswi untuk berhijab di SMAN 1 Banguntapan Bantul.

"Iya (ada pemaksaan pemakaian hijab) yang dilakukan yang menimbulkan rasa tidak nyaman karena itu yang menyebabkan anak tersebut curhat dengan ibunya mengenai hal itu," kata Inspektur Jenderal Kemendikbudristek Chatarina Muliana Girsang ditemui di kantor ORI DIY, Jumat (5/8).

Menurut Chatarina, pemaksaan tidak harus ada kekerasan secara fisik, namun bisa saja kekerasan secara psikis. Dalam kasus ini siswi yang dipaksa berhijab itu telah menunjukkan indikasi tidak nyaman dan tertekan.


"Jadi memang dari bukti kami yang ada bahwa yang disebut memaksa itu kan tidak harus anak itu dilukai atau mendapatkan kekerasan fisik tetapi yang secara psikis menimbulkan rasa tidak nyaman itu juga menjadi dasar adanya suatu bentuk kekerasan," ujarnya.

Bukti Rekaman CCTV Ditunjukkan

Inspektorat Jendral Kemendikbud kemudian mengadakan pertemuan dengan ORI perwakilan DIY untuk membahas soal pemaksaan penggunaan hijab terhadap salah satu siswi SMAN 1 Banguntapan. Dalam pertemuan itu, tim Irjen Kemenbudristek menunjukkan rekaman CCTV saat siswi tersebut dipasangkan hijab.

"Sempat kita melihat (rekaman) CCTV-nya. Ditunjukkan (oleh Irjen Kemendikbud). Tadi kita lihat pas pemasangannya (hijab)," kata Kepala ORI perwakilan DIY Budhi Masturi ditemui di kantornya, Jumat (5/8).

Menurut Budhi, rekaman CCTV itu lah yang oleh Kemendikbud menjadi dasar adanya pemaksaan siswi berhijab. Dari rekaman itu, kata Budhi, tim Irjen Kemendikbud melihat bagaimana bahasa tubuh si anak saat berhadapan dengan 3 orang dewasa kemudian dipasangi hijab.

"Tim Irjen sudah ke sekolah dan mereka sudah melihat CCTV-nya, hasil videonya dan menceritakan mendiskripsikan ya memang menurut mereka (Kemendikbud) itu paksaan. Itu ada unsur paksaan," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya...



Simak Video "Guru dan Kepala SMAN 1 Banguntapan Disanksi Ringan Terkait Kasus Jilbab"
[Gambas:Video 20detik]