Antisipasi Dampak Gelombang Pasang, Sultan Ingin Pantai Depok Didesain Ulang

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Selasa, 19 Jul 2022 19:11 WIB
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X saat meninjau lokasi terdampak gelombang pasang di sisi timur Pantai Depok, Bantul, Selasa (19/7/2022).
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X saat meninjau lokasi terdampak gelombang pasang di sisi timur Pantai Depok, Bantul, Selasa (19/7/2022). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng)
Bantul -

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X meminta penataan ulang di Pantai Depok, Bantul pascaterjangan gelombang pasang yang merusak lapak semipermanen serta menimbulkan abrasi di sisi timur. Pemkab segera membentuk tim dan tahun ini menghasilkan rumusan untuk dimasukkan ke APBD 2023.

"Saya ingin bagaimana Bapak-bapak dan Ibu punya kesepakatan kita mendesain ulang (pantai) Depok ini sebagai kawasan yang punya potensi, kita tata kembali," kata Sultan saat mengunjungi Pantai Depok, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, Selasa (19/7/2022).

"Kita tata kembali dengan fasilitas yang memang harapan saya lebih baik tapi juga. Otomatis kalau itu yang kita harapkan bersama maka kita mendesainnya harus kawasan gitu," imbuhnya.


Sultan menyampaikan penataan yang akan dilakukan tidak hanya menata para pedagang saja. Melainkan juga mengagendakan adanya hiburan seperti pentas seni.

"Dalam arti penataan kawasan itu tidak sekedar dol tinuku (jual beli) produk maupun orang pada makan di sini atau memang dibawa ke rumah beli di sini. Tapi juga bagaimana setiap misalnya pada hari libur pun juga ada pentas seni budaya Bantul di tempat ini, gitu," ujarnya.

Sultan berharap adanya kejadian kemarin menjadi momentum, untuk menata kembali Depok agar bisa lebih memenuhi persyaraatan sebagai kawasan wisata.

Sultan menjelaskan nantinya pemerintah akan mendesain ulang Pantai Depok. Mengingat selama ini pemandangan pantai tertutup oleh lapak-lapak semi permanen milik pedagang makanan dan minuman.

Bangunan di Pantai Depok akan digeser ke sisi utara, sehingga kawasan pantai bisa lebih luas dan wisatawan bisa menikmati pemandangan laut tanpa terhalang apa pun.

"Kalau kawasan itu sudah jadi baru tempat ini kosong misalnya mundur supaya lebih ke utara, supaya merasa aman tidak terlalu dekat dengan pantai sehingga orang datang ke pantai, pantai itu bukan milik kita, pantai itu mestinya milik publik," ucapnya.

Simak selengkapnya Tanggapan Pemkab Bantul Soal Penataan Pantai Depok