Round-Up

Timsus Telusuri Jejak Rencana Ferdy Sambo Habisi Yoshua dari Magelang

Tim detikJateng - detikJateng
Selasa, 16 Agu 2022 06:00 WIB
Magelang -

Timsus Polri mendatangi rumah Irjen Ferdy Sambo di Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah, Senin (15/8) sore. Selama sekitar tiga jam di rumah tersebut, Timsus disebut membawa barang yang dimasukkan ke dalam koper.

Pantauan detikJateng, iring-iringan mobil polisi memasuki kompleks perumahan Cempaka Residence, Mertoyudan, Magelang, pada kemarin pukul 15.33 WIB. Tampak di antaranya terdapat mobil Bidlabfor Polda Jateng.

Hingga akhirnya iring-iringan mobil tersebut keluar dari perumahan tersebut pada pukul 19.09 WIB atau sekitar lebih dari tiga jam kemudian.


Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes M Iqbal Alqudusy Polres Magelang dan Polda Jateng hanya memberikan bantuan pengamanan. Sementara proses penyidikan seluruhnya dilakukan oleh Timsus Mabes Polri.

"Penyidikan full dari Timsus Mabes, Polda Jateng/ Polres Magelang hanya pengamanan saja," terang Iqbal, kemarin.

Ketua RT Sebut Timsus Bawa Koper dari Rumah Ferdy Sambo

Diwawancarra usai pemeriksaan, Ketua RT 07/RW 08 Joko Sutarman mengungkap polisi membawa barang yang dimasukkan ke dalam koper dari rumah Ferdy Sambo. Namun dia mengaku tak tahu barang apa yang dibawa polisi.

"Yo ada (yang dibawa), tapi sudah dimasukkan koper," ujar ketua RT 07/RW 08 Joko Sutarman kepada wartawan, kemarin.

Namun dia mengaku tak tahu barang apa yang dibawa di dalam koper tersebut. Joko mengungkap dirinya diminta oleh polisi dari Bareskrim Polri terkait agenda hari ini di rumah Ferdy Sambo. Namun dia mengaku tak ikut masuk ke dalam rumah dan tak mengetahui apa yang diperiksa polisi.

"Ditimbali (dipanggil) masuk ke Cempaka Residence oleh kru dari Mabes Polri terutama dari Bareskrim. Yang pertama tujuan yaitu cara jawane kula nuwun (permisi), mereka dapat perintah dari atasannya untuk mencari data tambahan yang berhubungan dengan kasus Pak Ferdy Sambo, jelas to," jelasnya.

"Kalau yang diperiksa itu Inafis, saya nggak ngikuti apa yang apa saja werna-werno (bermacam-macam), Inafis itu," kata Joko.

Dalam kesempatan ini Joko mengatakan rumah yang diperiksa Timsus bernomor C3.

"Ya jelas nek saiki (ya sudah jelas kalau sekarang, -milik Ferdy Sambo, red). Sekarang sudah bisa memastikan, tembunge mentereng kalau dulu itu mencari data, tadi Inafis golek (mencari) data dampingan," kata dia saat ditanya soal kepemilikan rumah tersebut.

Ketua RT: Rumah Sambo di Magelang Dulunya Milik Mantan Kapolri Idham Azis


Joko menyampaikan bahwa sebelumnya dirinya tidak mengetahui pemilik awal dari rumah yang saat ini dimiliki Irjen Sambo tersebut. Tetapi, setelah ditanyakan kepada pihak yang lebih mengetahui Joko memastikan bahwa rumah tersebut adalah milik mantan Kapolri yakni Jenderal Idham Aziz.

"Wingi wis tak takone, Idham Aziz yo (kemarin sudah saya tanyakan, Idham Azis ya)," terang Joko kepada wartawan, kemarin.

Untuk memastikan kebenaran nama pemiliknya, wartawan kembali menegaskan pertanyaan mengenai sosok Idham Azis tersebut.

Simak lebih lengkap di halaman berikutnya...