Dramatis Petugas Damkar Selamatkan Kucing Terjebak di Dalam Sumur Berjam-jam

Robby Bernardi - detikJateng
Senin, 15 Agu 2022 21:00 WIB
Evakuasi kucing kecemplung sumur di Pekalongan, Senin (15/8/2022).
Evakuasi kucing kecemplung sumur di Pekalongan, Senin (15/8/2022). Foto: Dok Istimewa.
Pekalongan -

Seekor kucing bernama Tata milik salah seorang warga di Kota Pekalongan, Jawa Tengah terjebak di dalam sumur selama berjam-jam, Senin (15/8/2022) siang. Petugas dari Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pekalongan yang datang ke lokasi akhirnya berhasil mengevakuasi dari dalam sumur.

Kucing bernama Tata kali pertama diketahui masuk sumur oleh sang pemilik Nadirah Hulwa Tsaqila (9) Warga Kelurahan Kauman RT 4/6, Kecamatan Pekalongan Timur, pukul 11.45 WIB.

"Ya, tadinya mendengar suara kucing. Kok tidak ada kucingnya, saya cari, ternyata dari dalam sumur. Kemudian saya bilang sama Umi," kata Hulwa.


Sebelumnya, Hulwa memang mencari kucing peliharaanya namun tidak kunjung ketemu dan diketahui ada suara kucingnya berasal dari belakang rumah. Temuan tersebut, kemudian dilaporkannya ke ibunya.

"Saya bingung, juga mendapat aduan dari anak. Suami tidak ada di rumah. Kemudian, saya terpaksa menelepon suami yang lagi luar kota," kata Sartini, ibu Hulwa.

"Suami saya kemudian melaporkan ke petugas Damkar. Alhamdulillah, bisa dievakuasi tidak sampai 10 menit bisa dievakuasi," ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang petugas Damkar Yudha Wijaya mengungkapkan pihaknya melakukan evakuasi Kucing dari dalam sumur kedalaman 4 meter, dengan ketinggian bibir sumur satu setengah meter.

"Kita mendapatkan laporan dari warga, ada kucing yang terjebak di dalam sumur. Kita langsung merapat dan evakausi. Kedalaman sumur empat meter," kata Yudha Wijaya.

Setiba di rumah, petugas melihat kucing tegah bertahan di dalam sumur dengan bertumpu pada pipa air.

"Kita lakukan cara sederhana dengan menggunakan ember. Ternyata kucingnya mau masuk ember. Kucing terevakuasi dalam waktu 10 menit, kucingnya selamat," jelas Yudha.



Simak Video "Asyiknya Menyusuri Gua Sumitro di Kulon Progo"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/sip)