Detik-detik Pria Kulon Progo Dianiaya hingga Tewas oleh Selingkuhan Istri

Jalu Rahman Dewantara - detikJateng
Selasa, 10 Mei 2022 11:00 WIB
Proses rekonstruksi internal kasus penganiyaan di Kokap, Kulon Progo, DIY, Selasa (10/5/2022).
Proses rekonstruksi internal kasus penganiyaan di Kokap, Kulon Progo, DIY, Selasa (10/5/2022). Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng
Kulon Progo -

Pria asal Kulon Progo, DIY, Ngatiman alias Proyo (38), tewas dianiaya selingkuhan istrinya. Korban meregang nyawa usai ditendang oleh pelaku SR alias K (45).

Hal itu terungkap dalam rekonstruksi internal yang digelar oleh Satreskrim Polres Kulon Progo di Tempat Kejadian Perkara (TKP), Selasa (10/5/2022). TKP ini berlokasi di belakang rumah korban di Dusun Tangkisan II, Kalurahan Hargomulyo, Kapanewon Kokap.

"Kegiatan pada hari ini adalah semacam rekonstruksi internal penyidik dengan tujuan supaya memudahkan kronologis pada berita acara, mengingat lingkungan seperti ini di imajinasi penyidik kesulitan. Maka dilakukan rekonstruksi supaya terjadi kronologis urut-urutan kejadian agar sesuai antara apa yang di-BAP dan di TKP," kata Kasat Reskrim Polres Kulon Progo, AKP Munarso.

Total ada 19 adegan yang diperagakan dalam rekonstruksi ini. Adegan dimulai dengan datangnya K ke rumah korban.

Pelaku mengendap-endap ke samping rumah kemudian memasukkan kertas berisi kode kedatangannya lewat ventilasi. Tak lama istri korban, TS (38) keluar mendatangi pelaku.

Keduanya lantas duduk bersama di emperan belakang rumah tersebut. Dalam kesempatan itu, mereka bercumbu mesra laiknya pasutri.

Tak lama kemudian, datang korban dari arah pekarangan belakang rumah. Dari kejauhan korban menyorot aktivitas istrinya dengan pelaku menggunakan lampu senter lalu meneriakinya.

Selanjutnya korban mendatangi dua orang itu. Sempat terjadi cekcok antara korban dengan pelaku. Adu fisik pun tak bisa terhindarkan.

Dalam reka adegan ini, korban terlebih dulu memukul pelaku menggunakan tangan kosong yang kemudian dibalas pelaku. Pelaku juga sempat menendang perut korban, lalu mendorongnya hingga tersungkur hingga kepalanya menghantam pohon kelapa.

Dalam kondisi sempoyongan, korban berupaya menjauh dari lokasi tersebut. Pelaku hanya melihatnya sambil berteriak-teriak. Adegan diakhiri dengan pelaku meninggalkan rumah korban.

Munarso mengatakan penyebab pasti meninggalnya korban masih akan dikoordinasikan dengan RS Bhayangkara Polda DIY. Nantinya akan dilakukan eksomasi dan autopsi terhadap jasad korban yang kini telah dikebumikan di kompleks pemakaman dusun setempat.

"Kalau untuk yang membuat meninggal sendiri kami belum memperoleh data, kami baru mengajukan permohonan untuk pelaksanaan eksomasi dan autopsi. Eksomasi dan autopsi ini kapan dilaksanakan kami masih berkoordinasi dengan RS Bhayangkara Polda DIY," terangnya.

Diberitakan sebelumnya seorang warga Kokap, Kulon Progo, DIY meninggal dunia setelah terlibat perkelahian dengan selingkuhan istrinya.

"Berawal dari informasi masyarakat tentang adanya orang meninggal dunia dan di tubuhnya banyak luka-luka akibat penganiayaan. Namun peristiwa tersebut tidak dilaporkan kepada polisi, sehingga direspons oleh Satreskrim Polres Kulon Progo dan ditindaklanjuti dengan penyelidikan," ungkap Kasi Humas Polres Kulon Progo, Iptu I Nengah Jeffry, dalam laporan tertulis kepada wartawan, Senin (9/5).

Kasus ini terjadi di wilayah Dusun Tangkisan II, Kalurahan Hargomulyo, Kokap, Kulon Progo, pada Rabu (4/5/2022). Namun baru diketahui oleh kepolisian pada Minggu (8/5/2022).

Identitas korban bernama Ngatiman alias Proyo (38), warga Tangkisan II. Proyo ditemukan tak bernyawa di jalan cor blok yang berjarak sekitar 100 meter dari rumahnya pada Rabu malam lalu. Jasadnya sudah dikebumikan di TPU Ngeden, desa setempat sehari kemudian.



Simak Video " Terungkap! Penyebab Kematian Pria di Kulon Progo Dianiaya Selingkuhan Istri"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/mbr)