Tanggapan Lengkap UNESCO soal Malaysia dkk Mau Klaim Kebaya

Tanggapan Lengkap UNESCO soal Malaysia dkk Mau Klaim Kebaya

Tim detikJateng - detikJateng
Minggu, 27 Nov 2022 09:55 WIB
Sejarah kebaya dikenal sebagai baju tradisional asal Indonesia. Kebaya dikenal unik karena memiliki motif dan warna yang beraneka ragam.
Ilustrasi kebaya. Foto: Rachman_Foto
Solo -

Singapura mengajak Malaysia, Brunei Darussalam dan Thailand akan mendaftarkan kebaya ke UNESCO sebagai warisan budaya. Berikut ini tanggapan Kepala Unit Budaya UNESCO Jakarta, Moe Chiba, saat ditanya soal hal tersebut.

"Sebenarnya belum ada informasi resmi yang pasti karena belum ada proposal yang diterima UNESCO. Saya tidak berpikir, mereka telah mengirimkan apa pun belum. Jadi menurut saya, mereka masih dalam tahap perencanaan dan pertanyaannya kenapa Indonesia tidak masuk dalam grup ini," kata Moe Chiba kepada wartawan di sela-sela acara Kita Muda Kreatif (KMK) di Gasblock Borobudur, Magelang, Jumat (25/11/2022).

Keempat negara di atas disebut telah melakukan pertemuan konsultasi mengenai pengajuan kebaya sebagai warisan budaya ke UNESCO. Untuk itu, UNESCO justru mendorong Indonesia agar ikut bergabung untuk bersama-sama mengajukan.


"Indonesia tidak mengkonfirmasi, apakah mereka ingin bergabung dengan grup atau tidak. Saya pikir, mereka belum menyelesaikan konsultasi nasional, tetapi ini semua informasi informal yang saya dapatkan dari berbagai sumber yang tidak ada yang dikonfirmasi," tuturnya.

"Tapi yang bisa saya katakan bahwa UNESCO adalah mempromosikan kolaborasi. Budaya bukan tentang persaingan dan terutama daftar warisan budaya tak benda UNESCO adalah tentang saling menghormati dan mempromosikan dialog. Kami tidak ingin ini menjadi sumber pertarungan dan kompetisi. Jadi secara umum kami sangat mendorong nominasi bersama," kata Moe Chiba.

Ganjar Dorong Pemerintah RI Daftarkan Kebaya ke UNESCO

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta Pemerintah Indonesia untuk ikut mendaftarkan kebaya sebagai warisan budaya ke UNESCO. Sebab kebaya merupakan pakaian tradisional yang banyak digunakan di sejumlah daerah di Indonesia terutama pulau Jawa, Bali dan Sumatera. Langkah ini juga agar kebaya tidak diklaim oleh negara lain.

Ganjar juga berpesan kepada masyarakat agar mengenakan kebaya.

"Semua bisa ngerjain sih, layaknya batik ya. Tapi rasa-rasanya orang berkebaya yang satu orang Indonesia. Makanya pakailah kebaya, jangan pakai baju adat orang lain," kata Ganjar.

Malaysia dkk Akan Klaim Kebaya

Singapura akan mendaftarkan kebaya sebagai warisan budaya UNESCO. Negara ini juga mengajak Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand.

Dilansir detikTravel yang mengutip dari Straits Times, Kamis (24/11) Dewan Warisan Nasional (NHB) Singapura menyebut ini akan menjadi nominasi multinasional pertama Singapura untuk Daftar Perwakilan Warisan Budaya UNESCO. Penyerahan penawarannya akan dilakukan pada Maret 2023.

Simak lebih lengkap di halaman berikutnya...



Simak Video "Singapura dan 3 Negara Lainnya Daftarkan Kebaya ke UNESCO"
[Gambas:Video 20detik]