Seribu Perempuan Bakal Berkebaya Bareng Iriana di Solo 2 Oktober

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Kamis, 22 Sep 2022 16:45 WIB
Ketua HRB sekaligus pemilik Danar Hadi, Danarsih, Kamis (22/9/2022).
Ketua HRB sekaligus pemilik Danar Hadi, Danarsih, Kamis (22/9/2022). Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikJateng
Solo -

Ibu Negara Iriana Jokowi menginisiasi kegiatan dukungan untuk Kebaya Goes to UNESCO. Selaku pelaksana, Himpunan Ratna Busana (HRB) Solo akan menggelar kirab kebaya di Jalan Slamet Riyadi Solo pada Hari Batik Nasional, 2 Oktober mendatang.

Kegiatan tersebut diberi nama 'Berkebaya Bersama Ibu Negara'. Sekitar 1.000 perempuan bakal berjalan bersama Iriana dari Loji Gandrung menuju Ndalem Wuryoningratan Danar Hadi.

"Beberapa saat yang lalu, Bu Ana (Iriana) selaku pelindung HRB menyampaikan karena kebaya itu asalnya dari Solo, jadi diminta mengadakan acara ini, 'Berkebaya Bersama Ibu Negara', 2 Oktober," kata Ketua HRB, Danarsih, usai beraudiensi dengan Iriana di Diamond Resto Solo, Kamis (22/9/2022).


Menurutnya, kegiatan tersebut digelar untuk menyosialisasikan kembali kebaya sebagai bagian dari budaya Indonesia. Iriana, kata Danarsih, juga menginginkan agar kebaya diakui UNESCO sebagai budaya Indonesia.

"Solo kan sebagai kota batik. Kita juga punya tradisi berkebaya. Bu Ana juga menginginkan kita wajib mensosialisasikan kebaya dari Solo itu supaya pengakuan dari UNESCO nanti memang melekat ke Indonesia," ujar pemilik Batik Danar Hadi itu.

Sementara itu, ketua pelaksana Berkebaya Bersama Ibu Negara, Febri Dipokusumo, mengatakan seribu peserta yang akan mengikuti kegiatan terdiri dari pedagang jamu hingga abdi dalem keraton.

"Cucuk lampah nanti dari perempuan mandiri seperti bakul jamu gendong, bakul lenjongan, abdi dalem, pesinden jalanan, intinya yang masih pakai kebaya sampai hari ini," kata Febri.

"Seluruh istri gubernur dari 37 provinsi juga akan hadir. Jadi nanti ada 37 kebaya khas masing-masing provinsi," imbuhnya.

Febri menambahkan, Iriana juga akan mencanangkan Hari Kebaya Nasional di hari yang sama dengan Hari Batik Nasional.

"Beliau juga akan memberi dukungan dengan menandatangani penetapan Hari Kebaya Nasional dan Kebaya Goes to UNESCO," pungkas dia.



Simak Video "Singapura dan 3 Negara Lainnya Daftarkan Kebaya ke UNESCO"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/sip)