Melihat Merti Dusun Rebo Wekasan di Gedongan Borobudur

Melihat Merti Dusun Rebo Wekasan di Gedongan Borobudur

Eko Susanto - detikJateng
Rabu, 21 Sep 2022 21:13 WIB
Warga Dusun Gedongan, Borobudur, Kabupaten Magelang, mengelar merti dusun yang dilangsungkan tepat pada Rebo Wekasan, Rabu (21/9/2022).
Warga Dusun Gedongan, Borobudur, Kabupaten Magelang, mengelar merti dusun yang dilangsungkan tepat pada Rebo Wekasan, Rabu (21/9/2022). Foto: Eko Susanto/detikJateng
Magelang -

Warga Dusun Gedongan, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, mengelar merti dusun yang dilangsungkan tepat pada Rebo Wekasan atau hari Rabu terakhir di bulan Safar kalender Hijriah. Begini acaranya.

Pantauan detikJateng, merti dusun yang telah digelar secara turun-temurun tersebut diawali dengan kirab air yang mengambil dari tempuran di Sungai Sileng. Air tersebut digunakan untuk memandikan dua kambing yang akan disembelih.

Dua kambing jantan dan betina yang akan disembelih itu ikut dikirab. Selain itu kirab diikuti beragam kesenian yang ada di dusun tersebut.


Persis di perempatan jalan kampung tersebut, dua kambing dimandikan dengan bunga setaman. Kemudian kambing disembelih dan dagingnya dimasak untuk dimakan bersama.

"Ini sudah turun-temurun dari nenek moyang kita, paling nggak ini sudah hampir 200 tahun," kata Timbul W yang memimpin upacara pengambilan air di Sungai Tileng, kepada wartawan, Rabu (21/9/2022).

"Pertama (merti dusun) untuk ketenteraman, persatuan, keamanan semua dan tolak bala," lanjutnya.

Warga Dusun Gedongan, Borobudur, Kabupaten Magelang, mengelar merti dusun yang dilangsungkan tepat pada Rebo Wekasan, Rabu (21/9/2022).Warga Dusun Gedongan, Borobudur, Kabupaten Magelang, mengelar merti dusun yang dilangsungkan tepat pada Rebo Wekasan, Rabu (21/9/2022). Foto: Eko Susanto/detikJateng

Disebutnya, acara ini dilangsungkan setiap bulan Safar pada Rebo Wekasan. Dalam kirab maupun acara ini, semua warga terlibat baik anak-anak maupun orang dewasa.

"Tiap bulan Sapar Rabu Wekasan. Semua warga terlibat," ujarnya yang akrab disapa Ki Semar Bodroyono itu.

Dalam rangkaian acara tersebut, sebagaimana dalam jadwal yang ada, pada malam hari diadakan pentas kesenian topeng ireng dari Secang dan Dukun, Kabupaten Magelang.



Simak Video "Rebo Wekasan, Tradisi Warisan Zaaman Sunan Giri"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/ahr)