Meriahnya Festival Kupat Lepet di Pantai Kartini Jepara

Dian Utoro Aji - detikJateng
Senin, 09 Mei 2022 13:20 WIB
Tahun ini ada 2.022 kupat lepet yang disediakan bagi warga pada Senin (9/5/2022). Festival ini sempat vakum 2 tahun gegara pandemi COVID-19.
Festival Kupat Lepet di Pantai Kartini Jepara (Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng)
Jepara -

Festival kupat lepet di Pantai Kartini Jepara, Jawa Tengah hari ini berlangsung meriah. Acara yang sempat ditiadakan selama dua tahun gegara pandemi virus Corona atau COVID-19 ini menyedot perhatian warga.

Pantauan di lokasi, Senin (9/5), tradisi ini digelar selepas prosesi larungan kepala kerbau, Bupati Jepara Dian Kristiandi bersama Forkompinda. Warga terlihat antusias mengikuti acara ini.

Acara Festival Kupat Lepet dimulai dengan rangkaian acara tarian dan pertunjukan pencak silat. Ada dua gunungan kupat lepet yang menjadi rebutan warga.

Jumlah kupat lepet pun berbeda setiap tahunnya. Tahun ini jumlah kupat lepet ada 2.022 buah. Setelah doa bersama kemudian dilanjutkan dengan berebut kupat lepet.

Dua gunungan kupat lepet itu menjadi rebutan warga. Tampak warga berdesak-desakan demi mendapatkan kupat lepet itu.

Salah satu warga, Masdi (54) mengatakan rela berdesak-desakan untuk mendapatkan kupat lepet. Dia percaya bakal mendapatkan kupat lepet membawa berkah bagi dirinya.

"Kata orang Jepara itu berkah, tadi kupat lepet. Tahun ini kembali digelar ya, meriah dan ikut berebut," jelas warga Rajekwesi Kecamatan Mayong, Jepara kepada detikJateng saat ditemui di lokasi, Senin (9/5/2022).

Di lokasi yang sama, Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan Festival Kupat Lepet ini memiliki makna untuk memaafkan di bulan Syawal. Tradisi ini pun kembali digelar dengan meriah pada H+7 Lebaran 2022 ini.

"Bahwa makna kupat lepet ini setiap manusia mempunyai kesalahan sama dilambangkan dengan kupat, terus kemudian ada lepet. Begitu menyadari ada kesalahannya kita tutup rapat tidak untuk lagi melakukan kesalahan sehingga disimpulkan kupat lepet ini. Sehingga ini tradisi budaya yang luar biasa, sehingga simbol itu warga masyarakat bisa menjadi tuntunan dan tontonan," ujar Andi sapaannya kepada wartawan ditemui di lokasi siang ini.

"Sehingga Festival Kupat Lepet yang ada di Jepara tahun 2022 alhamdulillah bisa berjalan dengan baik dan dengan warga masyarakat antusias bisa menyemarakan kegiatan ini sehingga warga semua senang sekali. Saya lihat begitu dibuka, berkerumun tetapi dengan prokes yang paling suka," sambung dia.

Andi mengatakan terkait dengan makna jumlah kupat lepet ada 2.022 buah. Ini dimaksud kata dia sebagai bentuk syukur diberikan kesehatan.

"2.022 jumlah kupat lepet sama dengan tahun ini dan setiap tahun akan berbeda. Ya tentu akan memaknai bersyukur sampai tahun berikut dan seterusnya," pungkas Andi.



Simak Video "TRANS7 Bagikan Santunan untuk 150 Dhuafa dan Anak Yatim"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/ahr)