Lahan Sudah Dibebaskan, Teras Malioboro 2 Siap Dibangun

Lahan Sudah Dibebaskan, Teras Malioboro 2 Siap Dibangun

Adji G Rinepta - detikJateng
Selasa, 07 Feb 2023 17:48 WIB
Lahan yang akan dibangung untuk Teras Malioboro 2.
Lahan yang akan dibangung untuk Teras Malioboro 2. Foto: Adji Ganda Rinepta/detikJateng.
Yogyakarta -

Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sudah membebaskan salah satu lahan yang rencananya akan digunakan sebagai tempat relokasi Teras Malioboro 2 (TM2). Lokasinya berada di sebelah kiri dan belakang Teras Malioboro 1 (TM1).

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskopukm) Srie Nurkyatsiwi menjelaskan pihaknya menyiapkan dua lahan relokasi TM2. Namun yang sudah dibebaskan baru yang berada di sebelah TM1 dengan luas 2.000 meter persegi.

"Kalau yang sini (sebelah TM1) 2.000 meter (persegi)," ujar Siwi kepada wartawan di TM1, Selasa (7/2/2023).

Detail Engineering Design (DED) lahan tersebut, menurut Siwi, juga sudah selesai. Sedangkan untuk lahan lain yang disiapkan berada di Ketandan, Siwi mengatakan saat ini masih dalam proses pembebasan lahan.

"Tahun ini baru kita bebaskan, luas sekitar 3.500 (meter persegi) kurang lebih. Lebih luas," jelas Siwi.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskopukm) Srie NurkyatsiwiKepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskopukm) Srie Nurkyatsiwi Foto: Adji Ganda Rinepta/detikJateng

Lebih lanjut, Siwi mengatakan total anggaran untuk membebaskan lahan sebelah TM1 ini sebesar Rp 40 miliar. Bangunan yang akan dibangun untuk TM2 rencananya akan memiliki dua akses yakni dari TM 1 dan dari Jalan Beskalan.

"Sekitar Rp 40 miliar melalui Dana keistimewaan. Yang sana (Kentandan) belum tahu. Itu kurang lebih. Posisi di samping, di belakang TM 1 nanti tembus dari bekas Beskalan, karena di sana juga dibebaskan dari PU," terangnya.

"Nanti itu ada parkir kan tembus, jadi ini menjadi bagian yang terkoneksi. Pintu ada di sini, dari sana juga bisa masuk," imbuhnya.

Tak hanya itu, Siwi mengatakan, pihaknya juga menyiapkan kantong parkir di Jalan Beskalan. Di sana telah disiapkan lahan oleh Pemda DIY sebagai kantong parkir.

"Di Beskalan kan sudah punyanya Pemda, Dishub, kita akan sambungkan ke sana, karena tahun kemarin di sana juga sudah dibebaskan beberapa lahan jadi nyambung," ungkap Siwi.

"Terkoneksi dalam satu kawasan karena di dalam kita membuat ini membangunnya bukan Teras tapi kita kawasan, saat kawasan pasti ekosistem ada parkir, bagaimana transportasi apapun itu kita juga harus lakukan," imbuhnya.

Sebagai informasi, Teras Malioboro 2 akan direlokasi imbas proyek Jogja Planning Gallery (JPG). Selain TM2, gedung DPRD Provinsi DIY yang berada persis di sebelah juga akan direlokasi tahun 2025.



Simak Video "Kafe Tak Berizin di Babarsari Disegel, Sempat Terjadi Perlawanan"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/ahr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT