Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik Agar Dilirik HRD

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik Agar Dilirik HRD

Tim detikFinance - detikJateng
Jumat, 30 Sep 2022 04:00 WIB
Ilustrasi Wawancara Kerja
Ilustrasi melamar kerja. Foto: Ilustrator: Edi Wahyono
Solo -

Saat ini perguruan tinggi baik negeri maupun swasta menghasilkan lulusan dalam jumlah besar. Hampir semua lulusan itu bersaing untuk mendapatkan posisi di dunia kerja.

Mungkin, sebagian lulusan kampus akan memilih membuka usaha atau wiraswasta. Namun bagi mereka yang tidak memiliki akses modal biasanya memilih untuk melamar pekerjaan di perusahaan.

Dalam melamar sebuah pekerjaan, kita perlu untuk membuat surat lamaran kerja. Surat ini menjadi media bagi kita untuk memperkenalkan diri kepada manajemen maupun Human Resource Departement (HRD) perusahaan.


Banyak orang yang beranggapan bahwa perkenalan pertama tentu akan membawa sebuah kesan yang akan bertahan lama. Demikian pula dengan sebuah surat lamaran kerja harus bisa memberikan kesan yang positif.

Saat kita bisa menarik perhatian melalui surat lamaran pekerjaan, biasanya perusahaan akan memberikan kesempatan bagi kita untuk memperkenalkan diri secara langsung. Perkenalan itu akan dilakukan melalui wawancara.

Selanjutnya, perusahaan akan membuktikan kemampuan kita melalui tes atau seleksi.

Artinya, kemampuan kita dalam menarik perhatian HRD dan manajemen melalui surat lamaran pekerjaan memiliki posisi yang sangat penting. Surat yang baik akan menjadi pembuka peluang bagi kita untuk masuk ke tahap berikutnya.

Dikutip dari detikFinance, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat surat lamaran pekerjaan yang baik. Berikut ini beberapa tips agar surat lamaran kerja kita bisa lebih menarik perhatian.

1. Pastikan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Anda harus menggunakan bahasa yang resmi.

2. Gunakan kata yang sopan namun resmi. Hal ini karena Anda akan membuat surat secara resmi ke sebuah perusahaan. Jangan menggunakan bahasa gaul ataupun menggunakan bahasa daerah yang tidak akan dimengerti.

3. Jangan bertele-tele dan gunakan format penulisan yang tersusun rapi dan sesuai dengan ketentuan surat lamaran kerja.

4. Meski saat ini sudah era digital, terkadang perusahaan menginginkan surat lamaran pekerjaan yang ditulis dengan tulisan tangan. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan dapat menilai tulisan tangan Anda.

5. Lengkapi dengan data-data yang dibutuhkan sesuai dengan data pribadi atau data asli yang nantinya akan digunakan oleh perusahaan tempat Anda melamar kerja.

6. Lampirkan surat pendukung lainnya seperti sertifikat pengalaman kerja. Dengan begitu Anda menunjukkan memiliki kelebihan yang orang lain tidak miliki.



Simak Video "Transparansi Proses Rekrutmen CPNS Perlu Ditingkatkan"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/rih)