Sempat Tembus Rp 100 Ribu, Harga Cabai di Boyolali Kini Rp 60 Ribu/Kg

Jarmaji - detikJateng
Rabu, 10 Agu 2022 16:46 WIB
Heri Widiyanto, pedagang sayuran di pasar Boyolali, Rabu (10/8/2022).
Heri Widiyanto, pedagang sayuran di pasar Boyolali, Rabu (10/8/2022). Foto: Jarmaji/detikJateng
Boyolali -

Harga sejumlah komoditi sayuran di Pasar Boyolali Kota berangsur turun. Cabai merah atau cabai yang sebelumnya sempat menyentuh di harga Rp 100 ribu/kg, saat ini menjadi Rp 60 ribu/kg.

"Sudah banyak yang turun harga. Penurunannya bertahap. Seperti cabai ini (sret) sebelumnya sempat sampai Rp 100 ribu/kg, sekarang ini Rp 60 ribu/kg," kata Heri Widiyanto, pedagang sayuran di Pasar Boyolali Kota, Rabu (10/8/2022).

Kemudian cabai teropong kini harganya juga Rp 60 ribu/kg. Sedangkan cabai merah keriting Rp 70 ribu/kg dan cabai keriting hijau Rp 40 ribu/kg.


Komiditas lainnya yang harganya turun yakni bawang merah, yang dulu mencapai Rp70 ribu/kg, saat ini tinggal Rp 45 ribu/kg.

"Sudah sejak dua mingguan ini turunnya, bertahap. Bawang putih sekarang Rp 20 ribu/kg, bawang putih kating Rp 28 ribu/kg," jelasnya.

Sayuran kubis, lanjut dia, harganya juga mengalami penurunan. Dari semula Rp 15 ribu/kg, saat ini Rp 12 ribu/kg. Harga wortel yang masih tinggi yakni Rp 15 ribu/kg.

"Rata-rata harganya mulai turun. Pasokannya ada, stabil dan mulai normal," imbuh dia.

Sementara itu harga ayam potong juga turun dari Rp 35 ribu/kg kini menjadi Rp 30 ribu/kg. Penurunan harga daging ayam ini karena permintaan juga menurun.

Bulan Suro (penanggalan Jawa), tidak banyak warga yang menggelar hajatan, khususnya hajatan mantu. Bahkan ada yang tidak berani. Kondisi ini mempengaruhi permintaan daging ayam di pasar.

Penurunan harga komoditas sayuran ini disambut baik oleh masyarakat. Salah seorang konsumen, Sulis, mengaku senang karena harga sayuran saat ini lebih terjangkau.

"Ya senang, harganya murah jadi nggak pusing mengatur keuangan belanja," katanya.



Simak Video "Asyiknya Menyusuri Gua Sumitro di Kulon Progo"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/aku)