Menko Airlangga Ajak Pelaku UMKM Berani Utang untuk Modal Usaha

Angling Adhitya Purbaya - detikJateng
Minggu, 30 Jan 2022 17:43 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memasak lumpia di acara Dialog Kelompok UMKM usAHA di Kelurahan Tugu, Kota Semarang, Minggu (30/1/2022).
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memasak lumpia di acara Dialog Kelompok UMKM usAHA di Kelurahan Tugu, Kota Semarang, Minggu (30/1/2022). (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikJateng)
Semarang -

Hal itu diungkapkan Airlangga usai Dialog Kelompok UMKM usAHA di Kelurahan Tugu, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah. Airlangga menyebut ada pinjaman hingga Rp 100 juta tanpa jaminan dan kemudian menawarkannya pada pelaku UMKM yang hadir dalam acara itu.

"Dari usaha ini, tadi ada omsetnya Rp 350 ribu sampai sejuta perhari. Tentunya kalau butuh modal disediakan dari Kredit Usaha Rakyat. Dari 0-Rp 100 juta tidak ada jaminan, bunga 6 persen, tapi dari sekarang sampai Juni pemerintah memberikan subsidi bunga jadi hanya 3 persen," kata Airlangga dalam sambutannya, Minggu (30/1/2022).

"Nanti tinggal hubungi BRI setempat nanti bisa dibantu dapat kredit. Berani utang, ibu-ibu? " imbuhnya.


Koordinator UMKM usAHA Kota Semarang, Kendi Utomo, ada 830 UMKM yang tergabung dalam Kelompok UMKM usAHA di Kota Semarang. Sedangkan di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta ada sebanyak 2.080 UMKM. Ia menjelaskan ada beberapa program di kelompok itu yaitu program pelatihan 'WirausAHA Maju', 'usAHA Bantu Usaha', 'usAHA Borong Usaha', dan 'usAHA Kita' yang membantu mempromosikan dagangan UMKM melalui digital marketing.

"Program-program yang sudah terlaksana sangat memotivasi para UMKM untuk bangkit kembali di tengah situasi pandemi ini," kata Kendi di lokasi yang sama.

Bahkan Kendi berharap ke depan Airlangga dapat melanjutkan kepemimpinan Presiden Joko Wododo. Sehingga bisa menciptakan kebijakan-kebijakan yang berpihak pada para pelaku usaha kecil.

"Besar harapan saya agar Pak Airlangga terus berkontribusi memajukan pelaku usaha kecil seperti kami dengan melanjutkan kepimpinan Bapak Jokowi," ujarnya.



Simak Video "Jokowi: Jangan Lagi Ada Akses Kredit yang Sulit untuk UMKM!"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/aku)