Begini Penampakan dan Spesifikasi Angkutan Pelajar Gratis di Klaten

Begini Penampakan dan Spesifikasi Angkutan Pelajar Gratis di Klaten

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Senin, 07 Nov 2022 17:30 WIB
Angkutan pelajar atau bus sekolah gratis Pemkab Klaten, Senin (7/11/2022).
Angkutan pelajar gratis di Klaten (Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng)
Klaten -

Angkutan pelajar gratis atau bus sekolah di Klaten yang dioperasikan Pemkab Klaten selama sepekan terakhir masih sepi peminat. Padahal kendaraan yang digunakan merupakan mobil jenis mikrobus keluaran terbaru.

"Mobil Elf ini full AC dengan kapasitas 19 penumpang. Mobil ini mobil baru tahun 2021, tipe NLR 55 LX Bus," ungkap Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Pemkab Klaten Sapto Widi Harsono kepada detikJateng, Senin (7/11/2022).

Berdasarkan pantauan, kendaraan untuk angkutan pelajar itu memang terlihat masih baru. Bodi mobil itu berkelir kuning. Sedangkan pelat nomor mobil itu menggunakan warna merah menandakan milik pemerintah.


Menurut Sapto, mobil tersebut selain dilengkapi penyejuk udara juga memiliki fitur-fitur lainnya, seperti audio. Harga satu unit tersebut mencapai ratusan juta rupiah.

"Sementara baru dua armada. Kalau harganya sekitar Rp 300-Rp 500 jutaan per unit," jelas Sapto.

Dua mobil Elf tersebut, sambung Sapto, merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan. Awalnya Pemkab mengajukan 10 unit tetapi baru disetujui dua unit.

"Dulu kita mengajukan 10 unit tapi baru disetujui dua unit. Tapi nanti kalau animo masyarakat tinggi bisa kita ajukan tambahan ke pusat," papar Sapto.

Siswa di Klaten menumpang angkutan pelajar gratis yang disediakan pemerintah.Siswa di Klaten menumpang angkutan pelajar gratis yang disediakan pemerintah. Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng

Selain itu, imbuh Sapto, jika memang masyarakat berminat tinggi, bisa diajukan tambahan melalui APBD Klaten. Tetapi sementara rute baru mencakup wilayah sekitar kota Klaten.

"Ini sementara untuk SD hingga SMA sekitar kota. Nanti jika memang diminati bisa diajukan tambahan untuk melayani sampai ke kecamatan lainnya," pungkas Sapto.

Sementara itu, Anggita Yuni, pelajar SMKN 1 Klaten mengaku bus sekolah ini sangat nyaman dan bersih. Selaku pelajar dirinya senang ada angkutan gratis.

"Ya senang bisa membantu pelajar. Tapi mestinya nanti juga sampai kecamatan lainnya, termasuk di Kecamatan Kemalang," ungkap Anggita yang merupakan warga Desa Tangkil, Kecamatan Kemalang, kepada detikJateng.

Sebelumnya diberitakan, Pemkab Klaten mengoperasikan bus sekolah atau angkutan gratis bagi para pelajar. Operasional angkutan yang dibiayai APBD Klaten tersebut dimulai Selasa (1/11).

"Jadi operasionalnya mulai tanggal 1 November. Kendaraan akan keluar dari Dinas Perhubungan mulai pukul 05.30 WIB," jelas Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Pemkab Klaten Sapto Widi Harsono, Senin (31/10).



Simak Video "Pelajar Tewas Dibacok Pelajar di Deli Serdang"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/rih)