Angkutan Pelajar Gratis Klaten Sepi Peminat, Dishub: Dikira Travel

Angkutan Pelajar Gratis Klaten Sepi Peminat, Dishub: Dikira Travel

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Minggu, 06 Nov 2022 09:31 WIB
Angkutan pelajar gratis di Kabupaten Klaten.
Angkutan pelajar gratis di Kabupaten Klaten. Foto: Dok Dishub Klaten
Klaten -

Angkutan gratis bagi pelajar yang disediakan Pemkab Klaten masih sepi peminat. Sejak dioperasikan awal pekan lalu, hanya segelintir pelajar yang menumpang kendaraan tersebut.

"Sudah ada yang ikut tapi baru 1-2 orang dari 19 kursi yang disediakan. Kita ada dua armada, yang ikut belum penuh," jelas Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Pemkab Klaten, Sapto Widi Harsono kepada detikJateng, Minggu (6/11/2022) siang.

Dijelaskan Sapto Widi, masih kecilnya minat pelajar menggunakan angkutan gratis tersebut disebabkan para pelajar belum banyak yang tahu keberadaan fasilitas itu. Padahal selama ini sosialisasi sudah dilakukan.


"Sosialisasi sudah kita lakukan, baik lewat medsos maupun media lain. Tapi tetap kita upayakan terus sosialis," sambung Sapto.

Dari evaluasi, kata Sapto Widi, nantinya akan dilakukan beberapa perbaikan penampilan angkutan. Tulisan pada mobil tersebut rencananya akan diperbesar.

"Tulisan bus sekolah akan dibuat besar agar tidak dikira travel, mungkin akan ditambah rute dan lainnya. Masyarakat mungkin ragu, kita akan berusaha komitmen dengan jam," jelas Sapto Widi.

Angkutan tersebut, imbuh Sapto, beroperasi pagi sejak pukul 05.30 WIB untuk pengantaran sekolah, siang dan sore untuk penjemputan. Meskipun sepi jadwal tetap dipertahankan.

"Kita pertahankan jadwal karena masyarakat mungkin belum tahu. Padahal dari kuisioner yang disebarkan 75 persen pelajar minat dengan angkutan gratis tersebut, jadi kita terus pertahankan," pungkas Sapto.

Risang Bayu, pelajar SMP Muhammadiyah 1 menyatakan dirinya belum tahu jika ada angkutan gratis sekolah tersebut. Setiap hari tetap masih diantar orang tua ke sekolah.

"Tidak tahu kalau ada angkutan gratis. Ya selama ini diantara jemput sepeda motor ayah," ungkap Risang.

Pelajar lain, Habib Candra mengaku sempat membaca di medsos ada angkutan gratis tersebut. Namun belum pernah mencoba naik angkutan gratis pelajar tersebut.

"Beberapa hari lalu sempat baca ada berita itu (angkutan pelajar gratis) tapi juga belum tahu mobilnya. Ya senang kalau memang ada angkutan pelajar gratis," kata Habib kepada detikJateng.



Simak Video "Cerita Agus Hilang 25 Tahun Karena Takut Disunat, Dicari Sampai Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/ahr)