Fakta Seputar Merah Putih Gagal Berkibar dalam Upacara HUT RI di Solo

Terpopuler Sepekan

Fakta Seputar Merah Putih Gagal Berkibar dalam Upacara HUT RI di Solo

Tim detikJateng - detikJateng
Minggu, 21 Agu 2022 14:50 WIB
Paskibraka Solo gagal kibarkan bendera saat upacara Kemerdekaan ke-77 RI. Apa penyebab bendera Merah Putih tersebut gagal dikibarkan? Cek informasinya di sini.
Upacara HUT RI di Solo. (Foto: Istimewa)
Solo -

Upacara HUT ke-77 RI yang digelar Pemkot Solo di Stadion Sriwedari, Rabu (17/8) pagi tidak berjalan sesuai rencana. Insiden muncul ketika upacara memasuki pengibaran bendera merah putih.

Saat Paskibra siap untuk menarik bendera merah putih hingga ke atas tiang, tanpa diduga pengaitnya patah. Kondisi ini pun sempat membuat panik para Paskibra. Meski begitu, upacara tetap berjalan dan lagu Indonesia Raya tetap berkumandang.

Bendera yang tidak bisa ditarik ke atas tiang membuat petugas Paskibra pun berinisiatif agar bendera tetap terbentang saat lagu Indonesia Raya berkumandang. Bendera Merah Putih pun dibentangkan menggunakan tangan selama lagu Indonesia Raya dinyanyikan.


Setelah lagu Indonesia Raya selesai, para peserta upacara memberi apresiasi kepada pengibar bendera. Tepuk tangan pun bergemuruh di Stadion Sriwedari.

"Semangat, semangat," teriak peserta upacara dari arah tribun.

Isak Tangis Pecah

Insiden ini pun membuat para Paskibra tidak bisa menahan kesedihannya. Mereka pun menangis usai upacara rampung. Paskibra tampak menitikkan air mata saat memberi salam kepada hadirin seusai upacara. Saat upacara masih berlangsung juga terdengar isak tangis baik dari barisan paskibra dan juga dari peserta upacara.

Kejadian ini pun mendapatkan perhatian dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Saat memberikan amanat upacara, Gibran meminta para peserta upacara bertepuk tangan untuk menyemangati pasukan pengibar bendera.

"Untuk menyemangati adik-adik paskibra, mohon tepuk tangannya," pinta Gibran, Rabu (17/8) pagi.

Usai memimpin upacara Gibran pun sempat menepuk beberapa anggota paskibra sambil memberi semangat usai upacara.

"Nggak apa-apa, semangat," ucap Gibran.

Simak lebih lengkap di halaman selanjutnya...



Simak Video "Ini Momen Anies dan Gibran Sarapan Bareng di Solo"
[Gambas:Video 20detik]