Sempat Viral 'Banjir' Daging Kurban, Kini Seratusan Warga Batur Umrah Bareng

Uje Hartono - detikJateng
Selasa, 16 Agu 2022 14:53 WIB
Lebih dari 100 warga Desa Batur berangkat umrah bersama-sama hari ini.
Lebih dari 100 warga Desa Batur, Banjarnegara, berangkat umrah bersama-sama hari ini, Selasa (16/8/2022). Foto: Dok Panitia Umrah Desa Batur.
Banjarnegara -

Desa Batur, Kecamatan Batur, Banjarnegara, kembali menarik perhatian. Usai menyembelih ratusan ekor sapi dan kambing saat Idul Adha Juli lalu, kini seratusan warga desa tersebut berangkat ibadah umrah bersama.

Warga Desa Batur sekaligus panitia umrah, Ely Juhanah, menyebut 200 jemaah umrah berangkat hari ini. Dari jumlah tersebut, sebagian besar merupakan warga Desa Batur.

"Yang berangkat hari ini ada 200 jemaah. Sebagian besar dari Desa Batur. Lebih dari 100 jemaah," kata Ely saat dihubungi detikJateng, Selasa (16/8/2022).


Untuk berangkat ibadah umrah, sebagian jemaah menabung melalui tabungan pasar. Nantinya, jika pembiayaan masih kurang jemaah tinggal menambah kekurangannya.

"Sebagian besar warga di sini itu kan petani dan pedagang pasar. Nah kita ada tabungan pasar. Sebagian memang ada yang bayar langsung, tetapi banyak juga yang menabung. Lamanya beragam, kalau pas mau berangkat ada yang kurang tinggal menambahkan sedikit," terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Batur Ahmad Fauzi membenarkan lebih dari 100 warganya berangkat umrah hari ini. Menurutnya antusias warga Desa Batur untuk kegiatan keagamaan terbilang tinggi.

"Benar ada 100 lebih warga Desa Batur berangkat umrah hari ini. Karena memang kalau di sini untuk kegiatan keagamaan warga sangat antusias. Mulai dari kegiatan pengajian, seperti kemarin ibadah kurban dan sekarang ibadah umrah ke Tanah Suci," ujarnya.

Untuk diketahui, sempat viral 'banjir' daging kurban di Dusun Krajan, Desa Batur.

Kabar melimpahnya daging kurban di Dusun Krajan pada hari raya Idul Adha, Minggu (10/7/2022) lalu, viral di media sosial selama berhari-hari. Sebab, dari satu dusun di Desa Batur, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara itu saja terkumpul 303 hewan kurban, terdiri dari 74 ekor sapi dan 229 kambing.

Proses penyembelihan seluruh hewan kurban itu hingga pengemasan dagingnya juga terbilang kilat. Tak sampai setengah hari warga Dusun Krajan itu menyiapkan lebih dari 9.000 bungkus daging kurban untuk dibagikan.

Tak hanya ke warga sekitar, paket daging kurban dari Dusun Krajan itu juga mengalir ke luar daerah, seperti Kabupaten Cilacap, Batang, Wonosobo, hingga Magelang. Ternyata, berkurban pada Idul Adha sudah jadi tradisi bagi sebagian besar warga Dusun Krajan.

Menurut data dari panitia kurban Dusun Krajan, dalam 12 tahun terakhir, jumlah shohibul kurban atau orang yang berkurban mencapai ratusan orang. Pada 2011, tercatat ada 555 warga Dusun Krajan yang berkurban dengan 51 ekor sapi dan 198 ekor kambing.



Simak Video "Sensasi Unik Menyantap Hidangan di Sungai Ditemani Ikan"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/rih)