Kisah Dusun Krajan 'Banjir' Daging, Separuh Lebih Warga Berkurban

Uje Hartono - detikJateng
Selasa, 12 Jul 2022 20:41 WIB
Prosesi kurban Idul Adha di Dusun Krajan, Desa Batur, Banjarnegara, Minggu (10/7/2022).
Melimpahnya daging kurban saat Idul Adha di Dusun Krajan, Desa Batur, Banjarnegara, Minggu (10/7/2022). (Foto: Uje Hartono/detikJateng)
Banjarnegara -

Melimpahnya daging kurban di Dusun Krajan, Desa Batur, Kecamatan Batur, Banjarnegara, viral di media sosial. Diketahui lebih dari separuh warga Krajan ikut berkurban. Seperti apa dusun tersebut dan bagaimana ceritanya warga ramai-ramai berkurban?

Dari data yang diperoleh detikJateng, Dusun Krajan yang terbagi menjadi 3 wilayah, Batur Lor, Batur Kidul dan Batur Tengah menyembelih 84 ekor sapi dan 264 ekor kambing untuk ibadah kurban. Namun yang disembelih pada Idul Adha pada Sabtu (9/7) sebanyak 74 ekor sapi dan 229 ekor kambing. Sisanya disembelih pada besoknya, Minggu (10/7).

"Yang akhirnya viral di media sosial itu kurban hari Sabtu (9/7), kurban di Dusun Krajan dari warga wilayah Batur Tengah, Batur Kidul, dan sebagian Batur Lor," kata Kepala Desa Batur, Ahmad Fauzi saat dihubungi detikJateng, Selasa (12/7/2022).


Ia menyebut, dari jumlah hewan kurban yang ada di Dusun Krajan sebanyak 84 ekor sapi dan 264 ekor kambing, merupakan kurban dari 852 warga. Jumlah itu lebih dari 50 persen total kepala keluarga yang ada di Dusun Krajan.

"Untuk di Dusun Krajan, jumlah KK ada 1.580. Dan yang ikut kurban, atau shohibul kurban di Dusun Krajan 852 orang," sebutnya.

Sedangkan untuk ibadah kurban di Desa Batur secara keseluruhan, dari 3667 KK, jumlah shohibul kurban atau warga yang berkurban mencapai 1712 orang.

"Untuk skala Desa Batur, yang berkurban tahun ini 1712 orang, dari jumlah 3667 KK. Dari jumlah itu, ada warga yang kurban sapi sendiri. Tetapi sebagian besar kelompok sampai 7 orang," jelasnya.

Prosesi kurban Idul Adha di Dusun Krajan, Desa Batur, Banjarnegara, Minggu (10/7/2022).Prosesi kurban Idul Adha di Dusun Krajan, Desa Batur, Banjarnegara, Minggu (10/7/2022). Foto: Uje Hartono/detikJateng

Dusun Krajan, Desa Batur, Kecamatan Batur, Banjarnegara, sempat viral di media sosial saat Hari Raya Idul Adha lalu. Dusun ini 'kebanjiran' daging kurban buntut tingginya antusiasme warga untuk berkurban.

Video penampakan tumpukan daging yang memenuhi ruangan serbaguna berukuran besar di Dusun Krajan berdurasi 14 detik diposting di akun Instagram @Banjarnegaraterkini.

Keterangan dalam postingan itu:

"Kurban Idul Adha 1443H di Batur Krajan Banjarnegara sebanyak 73 Lembu 228 Kambing

Ng ngonmu ana pira lur?"

Saat dimintai konfirmasi, Ketua Panitia Kurban Idul Adha di Dusun Krajan, Desa Batur, Banjarnegara, Ahmad Hidayat, membenarkan video itu merupakan wilayahnya. Diketahui aula yang terekam video biasanya digunakan warga untuk beragam kegiatan mulai dari badminton hingga kegiatan imunisasi. Dia mengungkap jumlah hewan kurban di Dusun Krajan meningkat dibanding sebelumnya.

"Jumlah hewan kurban, untuk sapi ada 74 ekor dan kambing 229 ekor," kata Ahmad Hidayat, Minggu (10/7).

Jelajahi cerita inspiratif warga berkurban ramai-ramai melalui tautan di bawah ini:

'Banjir' Daging di Dusun Krajan, 74 Sapi-229 Kambing Dikurbankan Sehari

Krajan 'Banjir' Daging Kurban, Kampung Petani di Banjarnegara yang Religius

Di Balik 'Banjir' Daging Kurban Dusun Krajan: Warga Menabung Mulai Rp 5.000

'Banjir' Daging Kurban Dusun Krajan Dibagi Per Jiwa, Bayi Baru Lahir Kebagian

'Banjir' Daging Kurban di Dusun Krajan, Distribusinya hingga Cilacap-Batang

Jumlah Hewan Kurban di Dusun Krajan Ternyata Melimpah Sejak Dulu



Simak Video "Sensasi Unik Menyantap Hidangan di Sungai Ditemani Ikan"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/ahr)