Nasional

Prabowo Seia Sekata Jokowi Saat Respons Isu Capres 2024: Ojo Kesusu!

Tim detikNews - detikJateng
Selasa, 16 Agu 2022 13:54 WIB
Menhan Prabowo Subianto bersilaturahmi dengan Presiden Jokowi di Istana Jogja, Senin (2/5/2022). Prabowo mengajak putra semata wayangnya Didit Hediprasetyo.
Jokowi dan Prabowo (Foto: Heri Susanto/detikJateng)
Solo -

Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto melontarkan jawaban sama persis dengan yang pernah disampaikan Presiden Jokowi ketika merespons suksesi kepemimpinan nasional. Jawabannya adalah, 'Ojo kesusu!'. Apa Maknanya?

Jawaban Prabowo tersebut menjawab wartawan ketika dia selaku Menteri Pertahanan menghadiri Sidang Tahunan DPR/MPR 2022 di Gedung Nusantara III, DPR/MPR, Selasa (16/8/2022).

Prabowo ditanya soal koalisi Gerindra-PKB. Menurutnya, hasil Rapimnas terkait capres, cawapres dan koalisi untuk 2024 sudah jelas.


"Rapimnas sudah jelas kan," ujarnya kepada wartawan seperti dilansir detikNews.

Ketika didesak mengenai capres yang akan diusung dari koalisi tersebut, Prabowo menyampaikan jawaban seperti yang pernah disampaikan Jokowi terkait suksesi nasional beberapa waktu lalu.

"Ya kita lihatlah. Tadi kan ada pesan kan, ojo kesusu (jangan tergesa-gesa)," ujar dia.

Yang dimaksud Prabowo tentang pesan 'ojo kesusu' adalah pantun yang disampaikan Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bambang Susatyo) dalam penutup pidatonya di sidang tahunan MPR/DPR 2022. Di akhir pidatonya, Bamsoet menyelipkan pantun yang membawa pesan ke capres dan cawapres untuk 'ojo kesusu' hingga koalisi masih bisa berubah.

Ada dua bait pantun yang dibacakan Bamsoet. Kedua pantun itu berkaitan dengan pilpres 2024.

Di pantun pertama, Bamsoet menyinggung capres-cawapres untuk 'ojo kesusu'. Kemudian di pantun kedua, Bamsoet bicara koalisi yang masih bisa berubah. Berikut bunyi pantun Bamsoet:

Kupu-kupu terbang bersama kumbang
Hinggap di dahan pohonnya palsu
Para capres dan cawapres tak perlu bimbang
Ingat pesan presiden ojo kesusu

Burung merpati terbang di atas sawah
Purnama datang dari negeri sebelah
Koalisi masih bisa berubah
Pemilu jangan sampai membuat kita terbelah


Mengambil Pesan Jokowi

Ungkapan 'ojo kesusu' pertama kali disampaikan Jokowi saat membuka Rakernas V Relawan Pro Jokowi (Projo) di Magelang, Sabtu (21/5) lalu.

Jawa Tengah. Jokowi meminta para relawannya agar tidak terburu-buru meminta arahan untuk Pilpres 2024.

Jokowi mulanya menjabarkan tantangannya memimpin di era pandemi COVID-19 dan dampak perang Rusia-Ukraina yang dirasakan negara-negara lain. Jokowi juga mengungkapkan upaya pemerintah menstabilkan harga-harga seperti bahan bakar, bahan pangan, hingga listrik yang membebani APBN dan meminta relawan agar tidak terburu-buru meminta arahan 2024.

"Semuanya sulit dihitung karena ketidakpastian global terus menerus terjadi, sehingga yang ketiga yang berkaitan dengan politik karena kita harus fokus dan bekerja menyelesaikan persoalan itu tadi, urusan politik ojo kesusu sik, jangan tergesa-gesa," kata Jokowi saat itu.



Simak Video "Jokowi soal Dukungan Capres: Santai-santai Mawon Urusan Politik"
[Gambas:Video 20detik]
(mbr/aku)