'Ritual' Ferdy Sambo di Brebes: Siram Air Kolam-Ceburkan Anggota ke Laut

Tim detikJateng - detikJateng
Minggu, 14 Agu 2022 10:53 WIB
Cahyadi (pakaian doreng) bersama Ferdy Sambo.
Ferdy Sambo (kiri). (Foto: Istimewa)
Solo -

Tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir Yoshua atau Brigadir J, Irjen Ferdy Sambo dikenal memiliki banyak tradisi 'nyleneh' semasa menjabat Kapolres Brebes. Di antaranya adanya ritual menyiram air kolam hingga menceburkan ke laut bagi anggotanya yang mendapat kenaikan pangkat.

Salah satu anggota Polres Brebes Brigadir F mengenang masa Ferdy Sambo yang waktu itu berpangkat AKBP, memiliki kebiasaan yang terbilang unik saat menjabat Kapolres Brebes. Kala itu, lanjutnya, Ferdy Sambo kerap menggelar tradisi unik terhadap anggotanya yang naik pangkat. Anggota yang tengah bergembira itu diharuskan disiram air kolam sampai diceburkan ke laut.

Brigadir F mengungkapkan dirinya adalah salah satu polisi yang pernah menjalani ritual kenaikan pangkat semasa Ferdy Sambo menjabat kapolres. Dalam ritual itu, dia bersama puluhan anggota lainnya harus disiram menggunakan air kolam hingga basah kuyup. Tidak hanya itu, polisi-polisi ini diharuskan menangkap ikan dengan cara mencebur ke kolam.


Tradisi kenaikan pangkat tidak melulu dengan penyiraman. Mereka yang naik pangkat juga pernah diceburkan ke laut di Pantai Randusanga Indah.

"Dua (ritual) yang pernah dilakukan, disiram sama diceburkan ke laut bagi yang naik pangkat," ujar F.

Momen Putri Sambo Siram Bripka RR

Bripka Ricky Rizal Wibowo (RR) yang kini telah ditetapkan sebagai salah satu tersangka kasus pembunuhan Brigadir Yoshua juga turut dalam ritual unik itu. Saat Ferdy Sambo menjabat Kapolres Brebes, Bripka RR masih bertugas di Polres Brebes.

Jejak kedekatan keluarga Sambo dengan Bripka RR itu nampak dari video yang terdokumentasi sebuah pemberitaan ketika Putri Candrawathi menyiramkan air kolam ke kepala Bripka RR saat perayaan kenaikan pangkat di Polres Brebes.

Brigadir F, salah satu anggota Polres Brebes mengungkapkan video tersebut adalah saat tradisi perayaan kenaikan pangkat di Polres Brebes pada Januari 2014. Saat itu F termasuk salah satu yang ikut naik pangkat.

"Waktu itu bareng tapi beda pangkat. Dia (RR) dari Briptu jadi Brigadir, saya dari Bripda menjadi Briptu," ujar F kepada detikJateng, Kamis (11/8).

RR secara resmi adalah organik dari Satlantas Polres Brebes. Dia menjadi dekat dengan keluarga Sambo saat sang jenderal menjabat sebagai Kapolres di Brebes taun 2013 hingga 2015. Kedekatan itu berlanjut bahkan hingga Ferdy Sambo telah menjabat sebagai Kadiv Propram Mabes Polri.

Pada tahun 2021, Irjen Ferdy Sambo meminta secara khusus agar RR di-BKO-kan dari Polres Brebes ke Div Propam. Surat Perintah BKO dikeluarkan oleh Polda Jateng pada 9 Februari 2021.

Tradisi Ferdy Sambo saat menjabat sebagai Kapolres Brebes.Tradisi Ferdy Sambo saat menjabat sebagai Kapolres Brebes. Foto: Tangkapan layar


Simak Video "Irjen Ferdy Sambo Terancam Hukuman Mati"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/ahr)