Kesehatan

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Penyakit Tak Mudah Menyerang

Tim detikHealth - detikJateng
Rabu, 03 Agu 2022 01:03 WIB
Ilustrasi Sistem Imun
Foto: shutterstock
Solo -

Beberapa waktu terakhir virus COVID-19 varian Omicron BA.4 dan BA.5 sempat merebak. Meski tak setinggi saat varian Delta dan Omicron, kondisi ini menunjukkan bahwa pandemi belum usai.

Selain masih harus menjalankan protokol kesehatan secara ketat, kita juga tetap harus menjaga kondisi tubuh agar memiliki imun yang kuat sehingga tidak mudah sakit.

Apalagi, saat ini juga bersamaan dengan musim pancaroba. Banyak masyarakat yang mengeluh terkena flu dan penyakit menular lain.


Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar bukan masalah mudah. Namun, semua bisa kita lakukan tanpa harus mengandalkan obat-obatan. Dikutip dari detikHealth, berikut ini beberapa cara alami untuk membuat tubuh bugar dan memiliki ketahanan melawan penyakit.

Konsumsi Makanan dengan Gizi Seimbang

Masalah makanan harus diperhatikan secara serius. Makanan yang kita konsumsi harus padat gizi dan nutrisi.

Kita harus makan dengan nutrisi yang mencukupi, bisa berasal dari biji-bijian, berbagai protein serta susu rendah lemak.

Aktivitas Fisik

Tak hanya berolahraga, melakukan berbagai aktivitas fisik akan berpengaruh baik pada kesehatan kardiovaskular, mengurangi stres, membantu tidur, dan memiliki banyak manfaat lainnya.

Meskipun olahraga mungkin tidak memperkuat kesehatan kekebalan secara langsung, manfaat berolahraga mendukung kesehatan yang baik secara umum.

Konsumsi Buah dan Sayur

Sayur serta buah segar kaya akan vitamin A dan C yang sangat bermanfaat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Makanan ini perlu dikonsumsi setiap hari.

Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas perusak sel dalam tubuh.

Sedangkan vitamin A bisa mendukung pembentukan sel darah putih yang bertugas untuk melindungi tubuh dari infeksi.

Relaksasi

Agar tubuh selalu sehat, kita perlu untuk mengurangi stres. Ada banyak yang bisa dilakukan.

Salah satunya adalah menekuni hobi yang membuat otak akan merasa rileks. Senam dan yoga juga dipercaya mampu mengurangi stres dengan cukup efektif.

Tidur yang Cukup

Selama tidur, tubuh akan melakukan regenerasi sel dan otot. Ini yang akan mampu membuat tubuh kita senantiasa segar dan memiliki sistem perlindungan yang baik.

Penelitian dari National Institutes of Health menunjukkan kurang tidur kronis dapat meningkatkan risiko depresi, penyakit kardiovaskular, dan masalah kesehatan lainnya.

Bagi kamu yang suka begadang, harus dipertimbangkan untuk mulai menghentikannya ya.



Simak Video "Langkah Menkes Budi Setop Impor Alkes Secara Bertahap"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/aku)