Cara Meredakan Nyeri Haid Menurut Dokter Spesialis Kandungan RSCC

Tim detikJateng - detikJateng
Rabu, 27 Jul 2022 00:06 WIB
Ilustrasi nyeri haid
Ilustrasi. (Foto: shutterstock)
Solo -

Cara meredakan nyeri haid bisa ditempuh dengan beberapa langkah sederhana yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah. Dikutip dari laman resmi RSCC Jakarta, berikut penjelasan seputar nyeri haid secara medis menurut dokter spesialis kandungan.

Penyebab Nyeri Haid Menurut Dokter

Dikutip dari rscarolus.or.id, laman resmi RS St Carolus (RSSC) yang diakses detikJateng pada Selasa (26/7/2022), dokter spesialis kandungan RSCC dr Noviyani Sugiarto mengatakan nyeri haid akibat kontraksi saat haid merupakan hal yang normal dan alami.

Nyeri haid tanpa kelainan atau gangguan organ reproduksi disebut dismenore primer. Saat haid, dokter Noviyani menerangkan, tubuh memproduksi bahan kimia yang disebut prostaglandin.


Zat prostaglandin inilah yang menyebabkan otot rahim mengalami kontraksi atau mengencang. Jenis kontraksi ini sama dengan yang dialami pada saat persalinan.

Gejala Nyeri Haid Menurut Dokter

Nyeri haid biasanya mulai dirasakan saat haid atau tepat sebelum haid. Nyeri haid akibat kontraksi atau dismenore primer menyebabkan wanita mengalami kram pada perut bagian bawah. Kram ini bisa ringan atau berat.

Rasa nyeri haid itu juga dapat terasa di punggung atau paha. Gejala nyeri haid ini juga bisa diikuti dengan rasa mual, kembung, diare, sakit kepala, dan rasa lelah yang berat. Jika nyeri haid yang dirasakan sangat berat, hal itu bisa dikarenakan adanya gangguan pada organ reproduksi.

Cara Meredakan Nyeri Haid Menurut Dokter

Menurut dokter Noviyani, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sendiri agar nyeri haid bisa berkurang. Berikut cara meredakan nyeri haid secara sederhana.

1. Meletakkan bantal pemanas atau botol berisi air panas di perut bagian bawah
2. Berolahraga secara teratur
3. Oleskan minyak hangat di perut bawah
4. Memijat pelan-pelan pada bagian atas perut
5. Berendam air hangat
6. Membeli obat antinyeri yang dijual bebas
7. Mulailah meminum obat antinyeri segera setelah gejala menstruasi mulai terasa. Minum obat itu selama 2-3 hari atau sesuai durasi nyeri haid.

Cara Meredakan Nyeri Haid yang Berat

Jika 7 cara meredakan nyeri haid di atas belum membantu meredakan nyeri haid, silakan temui dokter spesialis kebidanan dan kandungan di rumah sakit terdekat. Begitu pula jika nyeri itu berlangsung lama, sejak sebelum atau sesudah haid.

Menurut dr Noviyani, kebanyakan wanita hanya membutuhkan pemeriksaan fisik. Jika hasil pemeriksaan fisik menemukan ada yang tidak normal atau obat penghilang rasa sakit yang diberikan tidak membantu meredakan nyeri haid, dokter dapat melakukan pemeriksaan lanjutan, di antaranya adalah ultrasonografi panggul.

Pemeriksaan ultrasonografi panggul itu aman karena menggunakan gelombang suara. Dengan pemeriksaan itu dapat diketahui apakah ada kelainan di dalam organ kandungan.

Obat Meredakan Nyeri Haid dari Dokter

Saat berkonsultasi dengan dokter spesialis, kamu juga bisa mendapatkan beberapa obat yang sesuai dengan hasil pemeriksaan mengenai penyebab nyeri haid itu. Obat-obatan dari dokter itu meliputi obat antinyeri, obat pil KB atau KB lain yang mengandung hormon, dan lain-lain.



Simak Video "Wakili Jokowi, Sandiaga Kagum dengan Kreativitas di Kustomfest 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/mbr)