Wara-wara

Horee! CFD di Giritontro Wonogiri Digelar Lagi Usai Absen 2 Tahun

Muhammad Aris Munandar - detikJateng
Jumat, 15 Jul 2022 14:56 WIB
Kawasan jalan yang digunakan untuk Car Free Day (CFD) di Kecamatan Giritontro Kabupaten Wonogiri.
Kawasan jalan yang digunakan untuk Car Free Day (CFD) di Kecamatan Giritontro Kabupaten Wonogiri. (Foto: Muhammad Aris Munandar)
Wonogiri -

Car Free Day (CFD) di Kecamatan Giritontro Kabupaten Wonogiri akan kembali dibuka setelah ditutup selama dua tahun lebih akibat pandemi COVID-19. Pembukaan itu diharapkan bisa membangkitkan kembali semangat masyarakat untuk berkreasi.

"Mulai Minggu besok (17/7) CFD di Giritontro sudah buka kembali. Sejak ditiadakan karena pandemi COVID-19, baru dibuka besok itu," kata Camat Giritontro, Edy Sumindro, saat dihubungi detikJateng, Jumat (15/7/2022).

Ia mengatakan, maksud dan tujuan digelarnya CFD kembali di Giritontro sama dengan harapan awal. CFD itu diinisiasi dan dikelola oleh karang taruna dan warga setempat. Camat dan forkopimcam mendukung penuh kreativitas di CFD tersebut.


"Dibuka kembali agar ekonomi menggeliat. Intinya untuk membangkitkan semangat masyarakat untuk berkreasi, baik untuk mencari nafkah, penampilan seni, aneka wahana hingga pengembangan potensi. Sehingga bisa membangkitkan semua hal," ungkap dia.

Edy mengaku telah memerintahkan pengurus CFD untuk mengajukan izin kembali ke bupati terkait kegiatan. Sedangkan untuk pemanfaatan jalan ke pengelola jalan dalam hal ini Pemprov. Sebab jalan yang digunakan masuk dalam Jalan Lintas Selatan (JLS).

"Semua izin sudah turun, lebih cepat. Itu yang digunakan (CFD) hampir satu kilometer. Meski masuk JLS, tapi kalau di Giritontro itu termasuk sepi," ujar dia.

Saat CFD berlangsung, kata dia, arus lalu lintas dialihkan melalui simpang empat Giribelah. Jadi kendaraan dari utara (Giriwoyo) maupun dari barat (Pracimantoro) bisa melalui simpang empat Giribelah.

"Pengunjung tetap kami minta untuk menerapkan prokes. Justru CFD di Giritontro ini datang dari banyak daerah, seperti Pacitan dan Gunung Kidul, karena berada di wilayah perbatasan," kata Edy.



Simak Video "Suasana CFD di Solo Usai 2 Tahun Absen karena Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/sip)