Terpopuler Sepekan

Heboh Pemotor Kena Tilang ETLE di Jalan Persawahan Sukoharjo

Tim detikJateng - detikJateng
Sabtu, 25 Jun 2022 09:31 WIB
Polisi Lalu Lintas (Polantas) mencoba helm yang dilengkapi kamera portabel pengawas tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Traffic Management Centre (TMC) Satlantas Polresta, Solo, Jawa Tengah, Jumat (19/3/2021). Polresta Solo akan memberlakukan tilang elektronik mulai 23 Maret 2021 dengan memasang kamera pengawas di sejumlah ruas jalan protokol dan kamera portabel yang terpasang di helm polantas. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/wsj.
Ilustrasi. Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Traffic Management Centre (TMC) Satlantas Polresta, Solo, Jawa Tengah, Jumat (19/3/2021). Foto: ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA
Solo -

Seorang warga menerima surat konfirmasi tilang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dari Polres Sukoharjo, Jawa Tengah. Foto surat konfirmasi itu viral di media sosial, gegara pria itu tertangkap kamera ETLE saat mengendarai motor di jalan persawahan tanpa mengenakan helm.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan memberi klarifikasi. Wahyu menjelaskan tilang ETLE tersebut dilakukan secara mobile. Dia menegaskan tidak ada kamera CCTV di lokasi pelanggaran, yakni di Jalan Calen, Sonorejo, Kecamatan Sukoharjo.

"Tidak ada kamera yang diletakkan di persawahan, tetapi itu ETLE Mobile. Anggota kita diberi aplikasi khusus di HP untuk memantau pelanggaran saat patroli," kata Wahyu saat dihubungi detikJateng, Kamis (23/6/2022).


Dia beralasan kecelakaan di wilayah tersebut cukup tinggi meskipun berada di persawahan. Sebab jalan itu merupakan penghubung antarjalan protokol.

"Meskipun area persawahan, sering terjadi kecelakaan di situ. Kita waspadai daerah-daerah penghubung jalan protokol," ujar dia.

Dia menegaskan, bagaimana pun, masyarakat wajib mengenakan helm saat berkendara. Aturan tersebut tertuang dalam UU No 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Tidak ada undang-undang yang mengatur bahwa pengendara bermotor boleh tidak menggunakan helm di ruas jalan tertentu. Secara yuridis dijelaskan, bahwa Pasal 291 ayat 2 merupakan aturan yang merujuk pada kedisiplinan setiap pengendara motor dalam menggunakan alat keselamatan saat berkendara," ujarnya.

Lebih lanjut Wahyu mengatakan pelanggar yang bersangkutan sudah mengakui kesalahannya. Denda tilang sudah dibayarkan.

"Sudah dikonfirmasi. Yang bersangkutan juga mengakui kesalahannya. Ia mengaku waktu tertangkap ETLE itu sedang kembali dari takziah," jelasnya.

Halaman selanjutnya, penjelasan Polda Jateng...



Simak Video "Tak Cuma Pakai ETLE, Polisi Bisa Tilang Pelanggar Pakai Kamera HP"
[Gambas:Video 20detik]