Usul Parpol Dilibatkan di Hitung Suara Pemilu, Amien Rais: Fair dan Ideal

Ari Purnomo - detikJateng
Senin, 30 Mei 2022 18:31 WIB
Amien Rais ditemui usai jadi pembicara Pra Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiah ke-48 di Edutorium, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Senin (30/5/2022).
Amien Rais ditemui usai jadi pembicara Pra Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiah ke-48 di Edutorium, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Senin (30/5/2022). (Foto: Ari Purnomo/detikJateng)
Solo -

Politisi senior Amien Rais mengusulkan agar partai politik juga dilibatkan dalam penghitungan suara Pemilu. Dengan melibatkan perwakilan partai, Ketua Majelis Syuro Partai Ummat itu menilai hasil Pemilu akan lebih fair.

"Sekarang ini model pemilihan umum yang menghitung (suara) KPU, padahal yang menerima hitungan KPU itu adalah partai-partai," ujar Amien kepada wartawan di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Senin (30/5/2022).

"Sehingga saya mengusulkan yang menghitung itu KPU ditambah wakil partai," imbuhnya.


Dengan melibatkan perwakilan partai, Amien meyakini bahwa hasil penghitungan suara akan lebih fair dan ideal.

"Di situ partai-partai juga banyak yang memiliki ahli IT, itu mungkin lebih bagus dari yang dimiliki KPU. Dengan begitu mungkin akan menjadi hasil pemilu yang fair dan betul-betul ideal," tuturnya.

Tidak hanya itu, Amien juga menyampaikan, penyelenggaraan Pemilu di Indonesia digelar seperti di negara maju. Yakni tidak lagi menggunakan kertas saat mencoblos, melainkan menggunakan teknologi.

"Kalau bisa dibuat seperti di negara maju, tinggal pencet-pencet si A, B, atau C. Kalau itu bisa katanya akan menghemat, sekitar Rp 40 triliun itu kan bagus sekali," katanya.



Simak Video "Partai Ummat Daftar ke KPU, Amien Rais: Tegakkan Keadilan, Lawan Kezaliman"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/ahr)