Puro Mangkunegaran Jelaskan Kabar Paundra Jadi Pangeran Sepuh

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Selasa, 15 Mar 2022 13:24 WIB
Ilustrasi Paundrakarna
Ilustrasi Paundrakarna (Ilustrator: Edi Wahyono)
Solo -

Putra sulung mendiang KGPAA Mangkunegoro IX, GPH Paundrakarna, dikabarkan bakal bergelar Pangeran Sepuh. Puro Mangkunegaran meluruskan kabar tersebut.

Seperti diketahui, Paundra adalah salah satu calon penerus takhta Mangkunegoro IX. Namun pada akhirnya, GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo yang ditunjuk sebagai KGPAA Mangkunegoro X.

Sebelum acara pengukuhan Mangkunegoro X, Paundra berpamitan dengan banyak pihak, salah satunya mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. Pria yang disapa Rudy itu mengatakan bahwa Paundra bergelar Pangeran Sepuh.


Pengageng Wedhana Satrio Puro Mangkunegaran, KRMT Lilik Priarso Tirtodiningrat, mengatakan Paundra sejak dahulu sudah disebut sebagai Pangeran Sepuh.

"Sejak putra dalem diberi gelar Gusti Pangeran Haryo (GPH) itu artinya sudah Pangeran Sepuh. Jadi bukan sekarang mau dijadikan Pangeran Sepuh. Salah pengertian saja mungkin," kata Lilik di Puro Mangkunegaran, Selasa (15/3/2022).

Menurutnya, GPH Bhre pun sebelum dikukuhkan sebagai KGPAA Mangkunegoro X juga merupakan Pangeran Sepuh.

Sementara terkait kapan putra dalem diberikan gelar GPH, Lilik menilai hal tersebut adalah hak dari Mangkunegoro yang berkuasa.

"Kalau sebelumnya kan Gusti Raden Mas, kemudian setelah dianggap matang maka diberi gelar GPH," ujar dia.

"Saya lihat yang dulu-dulu itu kok masih muda sudah diangkat, karena memang melihat situasi. Biasanya pemberian gelar itu saat peringatan jumenengan," pungkasnya.



Simak Video "Apem Kolak, Suguhan Khas Pura Mangkunegaran"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/sip)