Round-Up

Kontroversi Klaim Gelar Pangeran Sepuh Paundra Dipertanyakan Kerabat

Tim detikJateng - detikJateng
Kamis, 10 Mar 2022 10:53 WIB
Ilustrasi Paundrakarna
Foto: Ilustrator: Edi Wahyono
Solo -

Putra tertua mendiang KGPAA Mangkunegoro IX, GPH Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara mengaku mendapat gelar Pangeran Sepuh dari Puro Mangkunegaran. Namun pihak kerabat justru mempertanyakan klaim tersebut.

Paundra mengunjungi rumah mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, Selasa (8/3). Dalam pertemuan tersebut dia sempat curhat beberapa hal kepada tokoh PDIP itu.

Dalam kunjungan itu, Paundra mengaku bahwa dia baru saja memperoleh gelar sebagai Pangeran Sepuh. Gelar tersebut diberikan oleh para tokoh sepuh di Mangkunegaran.


"Beliau (Paundra) didudukkan sebagai Pangeran Sepuh, dan beliau sudah menerima," terang mantan Wali kota Solo FX. Hadi Rudyatmo, Rabu (9/3/2022).

Kepada Rudy, Paundra juga mengaku sudah legowo meskipun dirinya tidak menduduki sebagai Pengageng Puro Mangkunegoro. Perihal itu, menurutnya hal itu memang sudah sesuai dengan adat yang ada.

Seperti diketahui, Puro Mangkunegaran telah mendapuk GPH Bhre Cakrahutomo sebagai penerus Mangkunegoro IX. Meski lebih muda dibanding Paundrakarna, Bhre merupakan anak dari seorang permaisuri.

Rencananya, pengangkatan Bhre akan digelar pada Sabtu (12/3/2022). Rencananya, Paundra akan berangkat e Jakarta untuk melaporkan kondisi terkini di Puro Mangkunegaran itu kepada sejumlah kerabatnya.

"Mbak Mega (Megawati) itu kan kakaknya Mbak Sukmawati (ibunya Paundra), Guntur itu kan juga kakaknya Mbak Sukmawati. Menyampaikan mengenai kondisi dan situasi Mangkunegara dan tanggal 12 akan ada jumenengan itu yang disampaikan," tuturnya.

Terpisah, para kerabat Puro Mangkunegaran justru belum mengetahui adanya gelar Pangeran Sepuh yang diterima oleh Paundrakarna.

"Kapan dapat gelarnya, saya malah belum tahu. Kemungkinan baru wacana," kata Ketua Himpunan Kerabat Mangkunegaran (HKMN), Satyotomo saat dihubungi detikJateng, Rabu (9/3/2022).

Meski demikian, dia menyebut wajar jika gelar itu diterima oleh Paundra. Sebab, dia merupakan putradalem (putra MN IX) yang paling senior.

"Sepuh kan artinya mungkin dianggap senior. Kalau soal sejarah saya nggak tahu," kata dia.

Hanya saja, gelar itu biasanya diberikan oleh Pengageng Puro Mangkunegaran. Sedangkan saat ini jabatan tersebut masih kosong sepeninggal KGPAA Mangkunegoro IX.



Simak Video "Tarik Minat Wisatawan, Pura Mangkunegaran Solo Adakan Latihan Tari"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/mbr)