Iklan 'Pengobatan Khusus Pria' Merebak di Klaten, Ini Kata Satpol PP

Iklan 'Pengobatan Khusus Pria' Merebak di Klaten, Ini Kata Satpol PP

Achmad Syauqi - detikJateng
Kamis, 03 Feb 2022 10:54 WIB
Poster iklan pengobatan pria di Jalan Solo - Jogja.
Poster iklan pengobatan pria di Jalan Solo - Jogja. Foto: Achmad Syauqi/detikJateng
Klaten -

Pemasangan poster iklan 'pengobatan khusus pria' di Jalan Solo-Jogja wilayah Kabupaten Klaten makin merajalela. Fenomena ini bukan kali pertama. Beberapa waktu lalu, Satpol PP Pemkab Klaten pernah menggerebek terapisnya.

"(Pemasangan poster iklan) Itu jelas melanggar Perda Nomor 12 Tahun 2013 tentang Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan. Segera kita tindak lanjuti," kata Plt Kabid Penegakan Perda Satpol PP Pemkab Klaten, Sulamto, kepada detikJateng, Kamis (3/2/2022).

Sulamto mengatakan, merebaknya poster iklan 'pengobatan khusus pria' semacam ini sebelumnya pernah terjadi di Klaten, tidak hanya sekali. Saking gerahnya, Satpol PP pernah menelusuri dari mana poster dengan teks vulgar itu berasal.


"Itu pernah kita selidiki. Saat itu yang kita amankan terapis dari (Kabupaten) Batang. Tapi dari keterangan yang punya kos, yang bersangkutan pindah ke Jogja," ujar Sulamto.

Dari pantauan detikJateng hari ini, puluhan poster iklan ilegal itu jumlahnya mencapai puluhan. Poster tersebut dipasang di pohon, tiang lampu APILL (traffic light), rambu lalu-lintas, dan lainnya.

Salah seorang warga di Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Tri Joko (32), mengaku risih tiap melihat poster tersebut. "Ya risih saja kalau banyak jumlahnya. Kan itu tabu karena masalah kaum pria," kata Tri kepada detikJateng.

Menurut Tri, poster semacam sudah berulang kali dipasang di tepi jalan utama. "Dulu sering, dirazia hilang, tapi akan muncul lagi. Kalau satu-dua bisa dimaklumi, tapi ini banyak," imbuh Tri.

Diberitakan sebelumnya, sedikitnya ada 30 poster yang tersebar di beberapa simpang jalan utama Solo-Jogja, mulai dari simpang empat RSI sampai simpang tiga Gondang Winangun.

Di simpang empat RSI ada 10 poster. Di simpang empat depan Pengadilan Negeri Klaten ada 6 poster. Di simpang empat Bendo Gantungan, Klaten Selatan, ada 5 poster. Di simpang empat depan DPD Golkar ada 8 poster.

"Hari Minggu (30/1) setahu saya belum ada. Senin (31/1) baru ada dan tambah banyak di sini," kata Wandi, pedagang asongan di simpang empat Bendo Gantungan, kepada detikJateng, Rabu siang (2/2).



Simak Video "Cerita Agus Hilang 25 Tahun Karena Takut Disunat, Dicari Sampai Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/ams)