Catat Lur! Mulai Februari, Jl Pemuda Klaten Berlaku Satu Arah 24 Jam

Achmad Syauqi - detikJateng
Kamis, 27 Jan 2022 12:33 WIB
Rambu satu arah sampai pukul 22.00 WIB masih terpasang di ujung Jalan Pemuda, Kamis (27/1/2022).
Rambu satu arah sampai pukul 22.00 WIB masih terpasang di ujung Jalan Pemuda, Kamis (27/1/2022). (Foto: Achmad Syauqi/detikJateng)
Klaten -

Jalan Pemuda di kawasan Klaten Kota, bakal diberlakukan satu arah selama 24 jam, mulai Februari. Pemkab berharap kebijakan ini mampu mendukung pengembangan kota wilayah utara.

"Jadi (diubah). Tapi nanti kita lihat dulu, nanti di forum lalu lintas kabupaten. Mungkin mulai Februari," ungkap Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Klaten, Supriyono ditemui detikJateng di pemkab, Kamis (27/1/2022).

Supriyono menerangkan pemberlakuan satu arah itu dalam rangka pengembangan kota wilayah utara. Pihaknya berharap, dengan diberlakukannya Jalan Pemuda menjadi satu arah, arus lalu lintas bisa menyebar.


"Tujuan utama untuk pengembangan kota. Kalau satu arah arus itu akan menyebar ke ringroad sehingga wilayah utara berkembang," jelas Supriyono.

Menurut Supriyono, nantinya arus kendaraan mulai depan komplek kantor Pemkab akan dibelokkan ke kiri. Mulai jam 22.00 WIB arus kendaraan tidak lagi masuk kota.

"Kalau biasanya mulai jam 22.00 WIB kan Jalan Pemuda bisa dua arah. Nanti dari Jogja kita belokkan ke kiri," ujar Supriyono.

Rencana kebijakan itu, papar Supriyono, sudah dibahas dengan Forkompimda. Penutupan selama PPKM jalur tersebut bisa jadi momentum.

"Sudah dibahas dengan Muspida. Momen penutupan saat malam hari selama PPKM bisa jadi momen satu arah, selama ini kan sudah satu arah selama COVID, tinggal ditetapkan," jelas Supriyono.

Ketua Komisi 3 DPRD Klaten, Basuki Effendi mengatakan belum mendapatkan informasi rencana tersebut. Dirinya setuju saja tetapi harus dikaji dengan masak.

"Tidak masalah tapi harus dikaji benar. Jangan sampai arus dialihkan nanti tengah kota ganti sepi," ucap Basuki dihubungi detikJateng melalui ponselnya.

Menurut Basuki, pemkab memiliki rencana mempercantik alun-alun dengan anggaran Rp 9 miliar tahun ini. Komisi hanya mengetahui perubahan jalur di alun-alun.

"Setahu kami yang diubah itu arus di alun -alun menjadi searah jarum jam. Akan dibangun Rp 9 miliar kalau nanti malamnya sepi bagaimana," imbuh Basuki.

Pantauan detikJateng di ujung jalan Pemuda, Bareng Lor, papan rambu satu arah masih terpasang di tepi jalan. Ketentuan satu arah itu tertulis mulai pukul 05.00- 22.00 WIB.



Simak Video "Baliho Raksasa Ajak Nikah Mbak Maya Nangkring di Klaten"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/ahr)